Step Zero: Instalasi Oracle Database 10g


Sejak seminggu lalu aku mulai bisa bernafas dengan lega. Tugas-tugas Skripsi untuk adik2 kelas-ku sudah terselesaikan. Mereka sudah melewati sidang skripsi, dan kini bersiap-siap untuk mengumpulkan hard cover. Aku pun bisa menamatkan Final Fantasy VII Crisis Core tanpa diganggu-ganggu lagi, kecuali oleh kerjaan di kantor🙂

Bicara soal sidang, salah satu adik kelas meminjam notebook Acer Aspire 4520 milikku untuk dipakai dalam presentasi. Skripsinya menggunakan web service ASP.NET untuk berkomunikasi antara program VB.NET di PDA dan program di server. Database yang dipakai adalah Oracle Database 10g. Bayangkan betapa repotnya kalau aku harus mengatur ulang konfigurasi di notebook dia dalam waktu sehari sebelum sidang (tepatnya setelah pulang kerja). Jadi, sebagai solusinya, aku meminjamkan notebook-ku padanya sebagai alat demo dalam sidang.

Aku dengar dia mengalami beberapa masalah dengan notebook-ku selama sidang. Pertama, karena aku memakai dual view (layar LCD notebook dan layar eksternal digabungkan menjadi satu layar lebar), tombol Fn+F5 tidak berjalan sesuai dengan harapannya karena slide PowerPoint-nya tidak bisa fullscreen. Ok, aku pikir itu tidak apa-apa😉 Masalah berikutnya adalah program buatanku berjalan dengan sangat lambat…lambat…dan sangat lambat, sampai dosennya bete! Beruntungnya, dia masih lulus dengan nilai B🙂

Ok.. Memori 512 MB untuk Oracle Database 10g mungkinkah masih kurang? Aku yakin masalahnya ada pada database, karena begitu instance database dimatikan, segala sesuatunya terasa ringan kembali. Kemarin aku membuat partisi baru dan meng-install Windows XP yang baru sebagai wujud semangat baru menyongsong hari-hari tanpa ‘diganggu’ lagi🙂 Hari ini, aku akan meng-install Oracle Database 10g.. Tapi kali ini aku akan berusaha sebisa mungkin mengkonfigurasi agar databasenya tidak rakus performance lagi.

Setelah sampai pada layar “Select Installation Type” di Oracle Universal Installer, aku kali ini memilih “Custom“. Aku menghilangkan tanda centang di fitur Enterprise yang tidak aku pakai. Saat muncul konfigurasi “NET Listener“, aku memilih typical.

Berikutnya akan muncul layar “Database Configuration Assistant“. Aku memilih template “General Purpose“, kemudian memasukkan “latihan.localhost” untuk Global Database Name dan “latihan” untuk Oracle System Identifier (SID). Untuk konfigurasi database, aku menggunakan “Database Control for Database Management” untuk konfigurasi secara lokal karena komputerku hanya satu🙂 Untuk option penyimpanan file database, aku memilih menggunakan “file system” (dimana dalam komputer-ku berupa NTFS). Untuk “Recovery Options“, aku mematikan pilihan flash recovery area karena data-data di database-ku hanya untuk latihan saja. Pada bagian “Initialization Parameter“, aku mengalokasikan total memori pada nilai minimum, yaitu 142 MB. Jika angka-angka ini menimbulkan masalah nantinya, aku dapat mengkonfigurasi ulang (tentunya setelah belajar bagaimana cara tuning yang baik).

Tidak lama kemudian aku pun menunggu “Oracle Database Configuration Assistant” membuat dan menjalankan database baru ini.. Selama proses berlangsung, aku memonitor keadaan sistem lewat Process Explorer (oleh SysInternals).. Jumlah memori fisik yang tersedia dari 457 MB (sisa memori dipergunakan untuk VGA) sempat mencapai 7 MB!!! Setelah instalasi selesai, aku menjalankan script “utlrp.sql” yang berada di folder \rdbms\admin untuk men-compile semua modul PL/SQL untuk menghindari kompilasi saat modul PL/SQL dipergunakan.

Instalasi sudah selesai.. Langkah selanjutnya adalah me-restart komputer… Setelah layar desktop Windows muncul, aku segera membuka kembali “Process Explorer”… Seperti biasa, process milik Oracle terlihat bekerja keras. Tapi untung tidak separah dulu… Mungkin saja ini karena OS baru di-install ulang.. Anyway, mumpung sekarang Oracle-nya masih bisa berjalan leluasa, aku tidak akan menyia2kan kesempatan untuk mempelajari database yang satu ini.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

