External Table: Memakai Isi File Sebagai Tabel Oracle


Salah satu fitur Oracle yang baru aku coba kali ini adalah external table. Dengan fitur ini, aku bisa menyulap sebuah file yang berisi data dalam pola tertentu menjadi sebuah table. Hampir sama seperti memakai SQL*Loader; tapi bedanya, aku tidak mengisi sebuah tabel, melainkan file tersebut sendiri adalah sebuah tabel.

Sebagai contoh, aku punya file bernama c:\temp\member.dat dengan isi sebagai berikut:

A245,Nancy,Handry,10/01/1986,0 A345,Juwita,Hendro,20/05/1987,1 A456,Relly,Suhen,30/04/1985,0

Untuk bisa memakai file tersebut sebagai sebuah file, pertama-tama aku perlu membuat sebuah object directory untuk folder ‘c:\temp’ dan memberi hak akses ke user yang berhak, yaitu scott.

CREATE DIRECTORY dir_lokasi_temp AS 'c:\temp'; GRANT READ, WRITE ON DIRECTORY dir_lokasi_temp TO SCOTT;

Baru kemudian aku bisa membuat external table dengan perintah berikut:

CREATE TABLE member (
  id CHAR(10),
  first_name NVARCHAR2(50),
  last_name NVARCHAR2(50),
  date_birth DATE,
  member_type CHAR(1))
ORGANIZATION EXTERNAL (
  TYPE ORACLE_LOADER
  DEFAULT DIRECTORY dir_lokasi_temp
  ACCESS PARAMETERS (
    RECORDS DELIMITED BY NEWLINE
    FIELDS TERMINATED BY ','
    (
       id, first_name, last_name,
       date_birth CHAR(10) DATE_FORMAT DATE MASK "dd/mm/yyyy",
       member_type
    )
  )
  LOCATION ('member.dat')
)

Aku bisa mencoba menampilkan isi tabel member dengan query berikut (aku tidak dapat menghapus atau mengupdate isi external table ini):

SELECT * FROM member

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

