SQL Developer: Kesan Pertama


Setelah mempelajari sedikit dasar SQL di Oracle, aku ingin mencoba mempelajari PL/SQL. Saat ini tools yang aku punya hanya bawaan instalasi Oracle 10g: SQL*Plus. Karena masih ingat betapa ‘menderitanya’ menulis program hanya berbekal notepad, aku segera mencari IDE berbasis GUI Windows. Untungnya pencarianku berlangsung mulus, Oracle di situs-nya sudah menyediakan download SQL Developer secara gratis.

SQL Developer memang ditujukan untuk menggantikan SQL*Plus. User interface-nya cukup mudah dimengerti dan tidak serumit TOAD😉 Tanpa menunggu lama, aku pun segera membaca help file-nya untuk mencari tahu apa yang ditawarkan oleh tools ini.

Salah satu hal menarik yang pertama kali aku coba adalah menampilkan hasil query dalam bentuk grafik batang, dengan contoh query sebagai berikut:


SELECT 'SQLDEV:GAUGE:500:3000:1000:2000:' || trunc(sal) FROM emp;

Query di atas jika dijalankan pada worksheet SQL Developer, akan menghasilkan grafis batang untuk field ‘sal’ dimana nilai minimumnya adalah 500 dan nilai maksimumnya adalah 3000. Jika nilai ‘sal’ berada dibawah 1000 akan ditandai sebagai low (background coklat) dan nilai di atas 2000 akan ditandai sebagai high (background merah).

Ada juga fitur “Extended Search” (menu View, Extended Search) yang dapat mencari object database dengan mudah. Misalnya, aku dapat mencari semua kolom dengan nama “ID” dengan memilih type “COLUMN” dan mengetik “ID” di bagian name.

Lalu saat mencoba mengetik sebuah program PL/SQL sederhana, highlighting dan posisi TAB yang rapi membuat aku ingin melupakan notepad selama-lamanya. Tombol CTRL+SPACE dapat dipergunakan layaknya IDE bahasa pemograman lain untuk memunculkan pilihan nama variabel, package, function dan procedure. Selain itu, aku juga bisa melakukan debugging, cukup dengan men-klik di bagian kiri editor untuk memunculkan lingkaran merah tanda breakpoint. Saat berada di debug mode, ada tampilan ‘Smart Data’ yang berisi isi variabel saat ini dan juga ‘Watches’ seperti umumnya.

Well, dengan SQL Developer, aku yakin pengalamanku mempelajari PL/SQL nanti pasti akan lebih menyenangkan. Setidaknya jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan notepad.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

