Auditing: Mencari Kesalahan Di Database Oracle


Untuk mengaktifkan fungsi auditing, aku perlu mengubah nilai parameter AUDIT_TRAIL. Disini aku punya dua pilihan. Aku bisa mengganti nilai AUDIT_TRAIL dengan nilai DB untuk menyimpan hasil audit di database, atau memakai nilai OS untuk menyimpan hasil audit ke sistem operasi (karena aku memakai Windows XP, maka hasil audit akan ada di Event Viewer). Aku akan mencoba memakai nilai “OS”.

Lalu, aku akan mencoba meng-audit semua aktifitas yang dilakukan oleh user ‘jocki’ dengan perintah berikut:


AUDIT ALL BY JOCKI;

Setelah meng-koneksikan diri sebagai user jocki dan mencoba melakukan beberapa operasi database, aku menemukan entry baru di Event Viewer di bagian Application dengan Event ID 34. Salah satu contohnya mengandung message sebagai berikut:


SESSIONID: "38645" ENTRYID: "9" STATEMENT: "9" USERID: "JOCKI" USERHOST: "WORKGROUP\PC-JOCKI" TERMINAL: "PC-JOCKI" ACTION: "1" RETURNCODE: "0" OBJ$CREATOR: "JOCKI" OBJ$NAME: "TMP" OS$USERID: "PC-JOCKI\Jocki Hendry" PRIV$USED: 40.

Nilai ACTION adalah “1”. Untuk mengetahui lebih jelas, “1” itu apa, aku melakukan query berikut:

SELECT * FROM AUDIT_ACTIONS
WHERE ACTION = 1;

dan aku mendapatkan jawaban dengan nilai field name berupa “CREATE TABLE”. Ini menunjukkan bahwa pada jam yang tertera di log EventViewer, user jocki membuat sebuah tabel bernama TMP dimana ia login di komputer dengan nama PC-JOCKI.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

