Oracle User: Latihan Membuat User Baru


Aku akan mencoba membuat sebuah user baru di database Oracle-ku. User tersebut akan memakai tablespace default “EXAMPLE”, dan tablespace temporary “TEMP”. Aku akan memberinya quota 50 MB untuk tablespace “EXAMPLE”. Berikut adalah contoh perintah SQL yang aku berikan:


CREATE USER jocki
IDENTIFIED BY jockihendry
DEFAULT TABLESPACE EXAMPLE
QUOTA 50M ON EXAMPLE
TEMPORARY TABLESPACE TEMP;

Setelah user dibuat, aku harus memberikan role atau priviledge, minimal berupa CREATE SESSION agar bisa connect ke database. Ada sesuatu yang menarik mengenai role disini. Secara default, pada saat instalasi, Oracle membuat sebuah role baru di sistem operasi Windows XP-ku (istilah “group”) dengan nama ORA_DBA. Dan ini menyebabkan aku bisa connect ke SQL*Plus dengan:


sqlplus jocki as sysdba

User sistem operasi-ku yang sedang login di XP memiliki role ORA_DBA (sebenarnya sudah di-set oleh Oracle waktu instalasi pertama kali). Karena role sistem operasi berupa ORA_DBA di Windows XP cocok dengan role DBA di Oracle, maka semua priviledge DBA akan di-assign ke user yang login ke database. Wew, ini berarti aku bahkan punya hak akses DBA dengan user scott:


sqlplus scott as sysdba

Atau dengan kata lain, tidak peduli user database-nya siapa saja. Berhubung user sistem operasi-ku memiliki role ORA_DBA, aku bisa login sesuka hati sebagai DBA:


sqlplus / as sysdba

Kembali ke user jocki, aku akan membuat sebuah role untuk user-user yang memiliki hak akses serupa, dengan SQL seperti berikut:


CREATE ROLE TRAINING;

Lalu akan mengatur hak akses untuk role training tersebut:


GRANT CREATE SEQUENCE, CREATE SESSION, 
  CREATE SYNONYM, CREATE TABLE, 
  CREATE VIEW 
TO TRAINING;

Setelah itu, aku akan memasukkan user jocki kedalam role training:


GRANT TRAINING TO JOCKI;

Setelah itu, user jocki dapat dipakai untuk operasi database normal seperti manipulasi tabel dan view.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

