Oracle Database: Rumah Oracle di Windows XP


Saat meng-otak atik registry di Windows, aku menemukan bahwa Oracle menambahkan entry registry baru setiap kali aku memasukkan Oracle Home baru saat instalasi melalui Oracle Universal Installer. Padahal, di tengah proses wizard, aku telah memilih untuk membatalkan instalasi. Entry tersebut dapat ditemukan di HKEY_LOCAL_MACHINE\sOFTWARE\ORACLE.

Aku sering mendengar apa yang disebut variabel ORACLE_HOME. Tapi variabel ini tidak pernah di-set di environment, dan tidak direkomendasikan untuk melakukan hal tersebut. Lalu bagaimana aku bisa mengetahui nilai ORACLE_HOME? Ternyata aplikasi Oracle akan mencari file oracle.key di ORACLE_HOME\bin. Misalnya jika aku menjalankan:


c:\oracle\product\10.1.0\db_Latihan\bin\sqlplus.exe

maka Oracle akan mencari file berikut:


c:\oracle\product\10.1.0\db_Latihan\bin\oracle.key

dan di sistem-ku, isi file tersebut adalah:


SOFTWARE\ORACLE\KEY_OraDb10g_homeLatihan

baru kemudian Oracle mengambil informasi ORACLE_HOME di registry Windows.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

