Oracle Workflow: Instalasi


Saat masih bekerja, aku sering mendengar orang-orang memperbincangkan workflow, sehingga aku menarik kesimpulan bahwa workflow merupakan satu hal yang cukup penting dalam merancang suatu aplikasi. Semua kesalahan dalam workflow menjadi sorotan utama saat pertemuan harian di ruang persidangan para programmer.

Oracle juga menyediakan layanan workflow untuk aplikasi, yang terdiri atas 3 komponen, yaitu: Oracle Workflow Server, Oracle Workflow Middle Tier dan Oracle Workflow Client.

Untuk instalasi Oracle Workflow Server, dibutuhkan Oracle Database, karena konfigurasi Workflow Server akan membuat user, tabel dan procedure baru di database (saat menjalankan Workflow Configuration Assistant). Oracle merekomendasikan agar object database yang dibuat oleh Workflow Configuration Assistant ini tidak dirubah secara manual, misalnya melalui SQL*Plus.

Instalasi Oracle Workflow Middle Tier membutuhkan Oracle HTTP Server. Instalasi tersebut akan menambahkan entry Location baru di dads.conf, yaitu /pls/wf. Selain itu, ia juga membuat virtual directory /OA_MEDIA, /OA_JAVA, dan /OA_DOC, yang dapat dilihat di file %ORACLE_HTTP_SERVER_HOME%\wf\admin\wf.conf. Khusus untuk /OA_DOC, ia me-refer ke direktori fisik yang belum ada. Untuk itu, aku perlu meng-ekstrak file %ORACLE_HTTP_SERVER_HOME%\wf\wfdoc263.zip sehingga terdapat direktori %ORACLE_HTTP_SERVER%\wf\doc.

Sampai disini, aku menemukan sedikit masalah, karena Universal Installer menambahkan entri dads.conf dengan line karakter berbasis UNIX. Akibatnya, kalau dibuka melalui notepad, karakter ganti baris terlihat seperti kotak. Dan ternyata itu tidak hanya mempengaruh tampilan, Oracle HTTP Server menjadi ngambek dan tidak mau jalan. Akhirnya setelah mengganti setiap kotak dengan ‘enter’, Oracle HTTP Server akhirnya bisa jalan kembali. Aku segera mencoba membuka http://localhost:7777/pls/wf/wfa_html.home dan mengisi dengan user name yang aku tentukan sebelumnya (dalam hal ini aku memakai default owf_mgr).

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

7 Responses to Oracle Workflow: Instalasi

  1. Ryudith mengatakan:

    Jok, apakah oracle bisa di jalankan offline. Maksudnya seperti MySQL, dengan menjalankan mysql -u root -h localhost -p kita sudah dapat masuk kedalam MySQL. Dan jika bisa bagaimana cara instalasinya. Saya pernah mencoba oracle di toko software, tapi tidak bisa melakukan konensi ke database(juga tidak bisa membuat database). Dan terakhir, apakah oracle menggunakan Berkeley DB sebagai format databasenya?

    Kok saya susah menghubungi kamu.

  2. solidsnake99 mengatakan:

    Halo ryudith, saya sekarang berada di Pontianak dan jarang terkoneksi ke internet disini. Kamu bisa menghubungi saya melalui hp / telp.

    Maksud kamu mungkin dijalankan dalam satu host yang sama? Bisa saja, misalnya yang setara dengan command yang kamu tulis di atas adalah sqlplus sys as sysdba@localhost.latihan.

    Berkeley DB dibeli oleh Oracle dan dipasarkan sebagai produk yang berbeda dengan Oracle Database.

  3. Ryudtih mengatakan:

    Maksud gw, pakai produk yang mana? Seperti SQL Server 2000, jika ingin dijalankan dari client yang sama dengan server, maka gunakan SQL Server 2000 yang bukan edisi enterprise(Sory gw lupa edisinya).

    Di toko gw pernah coba oracle enterprice edition, trus gw test buat database, tapi gagal tidak bisa. Jadi gw gak jadi beli oracle. Maksud gw, gw mau tanya oracle yang server dan client-nya dapat dijalankan pada komputer yang sama. Sehingga gw bisa beli dan pelajari itu software.

    • solidsnake99 mengatakan:

      Semua versi Oracle dapat dijalankan dalam satu host yang sama, termasuk Oracle Database Enterprise Edition yang kamu coba. Kegagalan proses pembuatan database mungkin saja karena jumlah memori tersedia yang tidak memadai. Coba perhatian pesan kesalahan dan log instalasi-nya, Ryu, untuk informasi lebih lanjut.

  4. Ryudith mengatakan:

    OK

  5. Ryudith mengatakan:

    OK Thanx

  6. Ryudith mengatakan:

    Jok, sory. Gw mau minta bantuan lg. gimana caranya dapetkan text yg di select dalam textarea(tag html). Maksudnya gw mau tau cara buat forum. di forum kan ada image/button yang dipakai untuk membuat text dalam textrarea menjadi cetak tebal. Ya ini hubungannya sama javascript. Bantu gw, gw udah coba tanya2 diforum tp gak di jawab. Ya itu pun kalau lo masih ingat javascriptnya.

    Terima kasih

Apa komentar Anda?

