Day 1: Saran Dari Mesin Yang Membawa Dampak Bermata Dua


Learning In HomeOriginal Date: 13 Januari 2009

Hari pertama menyentuh komputer sejak berada di Pontianak membuatku cukup frustasi. Bayangkan saja, aku sudah mencetak dokumentasi PDF ke kertas untuk dipelajari, dan baru pada praktek bab awal saja, Oracle Workflow sudah mulai menunjukkan pesan kesalahan.

Hal ini aku temui sejak pagi hari saat ingin mengubah global preferences melalui Oracle Workflow Home Page. Aku mengikuti langkah-langkah yang ada dengan sangat teliti, tapi akhirnya pesan error selalu muncul jika aku men-klik link-link yang ada. Setelah makan siang, aku mulai frustasi, aku meng-install ulang Oracle Workflow Server, Oracle Workflow Middle-tier, bahkan Oracle HTTP Server. Tapi tetap saja tidak membuahkan hasil.

Sorenya, aku hampir menyerah.. Tapi saat mulai kehilangan semangat, tiba-tiba muncul sekilas ide untuk men-debug PL/SQL dengan memakai bantuan UTL_FILE untuk membuat file log. Pada konfigurasi dad, dituliskan bahwa procedure yang pertama kali dipanggil jika aku membuka Oracle Workflow Homepage adalah procedure wfa_html.home. Prosedur ini akan menampilkan halaman HTML yang berisi link-link ke submenu yang ada. Salah satu yang menjadi perhatianku adalah link global preferences, yang jika di-klik akan memanggil procedure wf_pref.edit. Aku segera membuka package WF_PREF dan procedure edit di SQL Developer, dimana aku kemudian menambahkan SYS.UTL_FILE.PUT_LINE disetiap bagian yang aku anggap penting. Akhirnya ketemu juga. Program error saat memanggil fnd_document_management.get_dm_home. Aku pun kini fokus ke procedure get_dm_home.

Aku terkejut karena fungsi ini tidak sempat dipanggil. Walaupun definisi dan deklarasinya ada, ternyata package fnd_document_management masih invalid. Masalahnya mulai terkuak setelah aku men-query semua package invalid milik OWF_MGR. Ada cukup banyak package yang invalid. Dan khususnya untuk fnd_document_management,ia harus memanggil sebuah fungsi lagi yang invalid, dimana fungsi tersebut memanggil package UTL_HTTP.

UTL_HTTP?? Package ini secara default boleh di-eksekusi oleh semua orang. Tapi aku mendapat saran Oracle Enterprise Manager untuk me-revoke hak eksekusi karena package ini bisa sangat berbahaya bila ditangan yang salah. Saran yang bagus, dan memang sangat masuk akal demi alasan keamanan. Tapi aku tidak menyangka akibatnya aku harus seharian mencari-cari penyebab kesalahan yang aneh seperti sekarang ini😉 Akhirnya setelah memberi akses eksekusi pada user OWF_MGR, aku bisa melanjutkan kembali pembelajaranku mengikuti materi-materi yang ada.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

