Day 12: Latihan Koneksi Database


Learning In HomeOriginal Date: 24 Januari 2009

Berhubung hari ini aku aku mendapat pinjaman notebook, aku mendapat ide untuk mencoba latihan koneksi database dimana salah satu notebook memiliki program Java untuk untuk mengakses database Oracle di notebook yang satunya lagi.

Sebagai langkah pertama, aku mencoba dulu memastikan koneksi peer-to-peer melalui wifi berlangsung dengan lancar. Aku mulai dengan menambahkan item baru di preferred networks, dimana aku memberikan tanda centang untuk pilihan This is a computer-to-computer (ad hoc) network; wireless access points are not used. Setelah memastikan kedua notebook bisa saling ping, aku siap untuk memulai latihan.

Pada notebook yang berperan sebagai server database, aku menyiapkan sebuah program Java sederhana dimana URL untuk koneksi JDBC bisa diatur secara bebas. Setelah memastikan program bisa jalan dengan baik dengan database di localhost, aku meng-install Oracle Client dengan pilihan Instanst Client yang ditujukan untuk deployment di notebook yang berperan sebagai client.

Semuanya terlihat sempurna bagiku, tapi begitu mencoba menjalankan program di client, Java memunculkan error karena ia tidak menemukan listener, padahal aku sudah men-set URL JDBC agar merujuk pada IP notebook yang berperan sebagai server. Aku menghabiskan waktu cukup lama mengotak-atik kedua notebook, dan akhirnya aku menemukan jawabannya di Oracle Net Manager.

Ternyata listener-ku saat ini hanya mendengarkan pada alamat localhost saja. Aku mencoba menambahkan alamat baru untuk didengar oleh listener, yaitu ip yang aku tentukan untuk koneksi wifi, dan sebuah port listener baru. Dengan URL JDBC baru di notebook client yang sesuai dengan port listener baru, akhirnya koneksi ke database-pun berlangsung dengan sukses. Hari ini aku melakukan latihan yang menarik, aku mendapatkan pengalaman baru yang tidak aku alami jika aku tetap di “localhost”.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

