Day 14: JPublisher


Learning In HomeOriginal Date: 26 Januari 2009

Happy Chinese New Year!!! Di suasana yang meriah ini, aku akan meramaikannya dengan mempelajari JPublisher. JPublisher adalah sebuah utility bawaan dari Oracle Client untuk menghasilkan class Java secara otomatis yang merepresentasikan object type di database Oracle.

Sebelum memulai memakai jpub.exe, aku mengatur terlebih dahulu agar CLASSPATH merujuk ke translator.jar dan runtime12.jar yang berada di directory %ORACLE_HOME%\sqlj\lib. Aku akan mencoba membuat sebuah source dan class Java dari sebuah object database Oracle di schema SCOTT yang bernama INDIVIDUAL_CIF. Aku memberikan perintah berikut:


jpub -user=scott/tiger -sql=INDIVIDUAL_CIF:CIFIndividual

Setelah menjalankan perintah di atas, aku akan mendapatkan dua buah class, yaitu CIFIndivual, dan parent-nya, Cif. Aku kemudian dapat memakai class tersebut seperti pada contoh berikut:


Hashtable mapType = new 
  Hashtable();
mapType.put("INDIVIDUAL_CIF", 
  CIFIndividual.class);			
cn.setTypeMap(mapType);
			
OracleStatement os = 
 (OracleStatement) 
  cn.createStatement();			
OracleResultSet rs = 
 (OracleResultSet) os.
   executeQuery(
 "SELECT DATA_CIF FROM TBL_CIF");
while (rs.next()) {
  CIFIndividual cifIndividual = 
    (CIFIndividual) rs.getObject(1);
  System.out.println(
   cifIndividual.getFirstName());
}

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

