Day 23: Menyimpan XML di XML DB Repository Data


Learning In HomeOriginal Date: 4 Februari 2009

Jika sebelumnya aku menyimpan XML di dalam tabel dengan menggunakan tipe data XMLType, maka hari ini aku akan mencoba menyimpan XML ke dalam repository XML DB (tanpa melalui tabel database). Di dalam repository tersebut, aku mengakses data dalam struktur tree folder seolah-olah mengakses file yang tersimpan di harddisk. Sebenarnya data di repository juga disimpan sebagai kumpulan tabel dan index di dalam schema database Oracle. Salah satu view yang berguna untuk mengetahui informasi repository melalui SQL adalah RESOURCE_VIEW dan PATH_VIEW.

Aku dapat mengakses repository melalui protokol FTP, HTTP, dan WebDav. Pengaturan untuk protokol-protokol tersebut terdapat di xdbconfig.xml yang terletak di root. Untuk melihat isi file xdbconfig.xml pada node yang aku inginkan, aku dapat memberikan query SQL berikut:


SELECT xmltype(extract(res, '/Resource/Contents/*').getClobVal()).extract('/xdbconfig/sysconfig/protocolconfig') FROM RESOURCE_VIEW
WHERE ANY_PATH = '/xdbconfig.xml';

Pengaturan untuk protokol FTP dapat dilihat di /xdbconfig/sysconfig/protocolconfig/ftpconfig. Secara default, ftp port yang dipakai adalah 2100 . Pengaturan untuk protokol HTTP dapat dilihat di /xdbconfig/sysconfig/protocolconfig/httpconfig. Secara default, http port yang dipakai adalah 8080.

Untuk melihat isi repository melalui Internet Exploper, aku tinggal mengetikkan link berikut:


http://localhost:8080

kemudian mengisi username dan password sesuai dengan user database Oracle. Untuk melakukan modifikasi terhadap repository, aku dapat menggunakan WebDAV, yaitu dengan men-klik Add Network Place di My Network Places, kemudian mengisi lokasi dengan http://localhost:8080. Setelah itu, aku bisa men-browse repository dengan Windows Explorer, serta melakukan operasi copy paste, layaknya file di harddisk.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

