Linux Startup: Mengawali Tahun Baru 2010


Selamat tahun baru 2010!! Untuk merayakan tahun baru ini, aku pun menyempatkan diri untuk menulis blog setelah sekian lama tidak online. Maklum saja, aku masih harus berpisah dengan notebook. Tapi aku mendapat pelajaran baru: belajar untuk lepas dari kesibukan dan rutinitas-ku, sehingga aku bisa melihat begitu banyak karunia yang begitu berharga di sekelilingku. Sesuatu yang mungkin aku anggap sepele sebelumnya, seperti keluarga yang baik dan adik kecil yang lucu🙂

Dan kembali ke laptop, aku akan melanjutkan tulisan sebelumnya dengan proses startup di Linux. Pada tulisan tersebut, aku mematikan services dengan menghapus symbolic link-nya secara manual. Kali ini, aku akan memakai tools bawaan Linux, yang tentunya lebih disarankan ketimbang memakai cara manual.

Untuk melihat daftar services yang dijalankan saat proses startup, aku dapat mengetik:


chkconfig

Untuk melihat apakah services tersebut dijalankan pada setiap run-level, aku dapat menambahkan argument “-l”. Misalnya, untuk melihat run-level apa saja yang menjalankan “cron”, aku dapat mengetik seperti ini:


chkconfig -l cron

Yang hasilnya akan seperti:

cron 0:off 1:off 2:on 3:on 4:off 5:on 6:off

Jika aku hanya ingin “cron” dijalankan pada run-level 5, aku dapat memberikan perintah seperti ini:


chkconfig -s cron 5

Untuk membuat “cron” kembali dijalankan pada run-level 2, 3, dan 5, aku memberikan perintah seperti ini:


chkconfig -s cron 235

Untuk melihat services yang sudah berjalan di sistem pada saat ini, aku dapat memberikan perintah:


service -s

Untuk memeriksa status service tertentu saja, misalnya service “cron”, aku dapat memberikan perintah:


service cron status

Aku juga dapat menjalankan, mematikan dan me-restart service, masing-masing dengan argumen start, stop, dan restart.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

2 Responses to Linux Startup: Mengawali Tahun Baru 2010

  1. handikas mengatakan:

    nggak ngerti

    • solidsnake99 mengatakan:

      Ini hanya sekedar catatan mengenai cara mengatur program apa saja yang dijalankan secara otomatis oleh Linux.

Apa komentar Anda?

