Memanggil web service dari server Java EE di client PHP


Seorang mahasiswa yang sedang membuat skripsi bertanya apakah mungkin membuat sebuah web service dengan Java Enterprise Edition kemudian memanggilnya di client PHP?  Pada kesempatan tatap muka yang singkat, saya menjawab secara ringkas dengan merujuk pada definisi web services. Web services adalah sistem yang dirancang secara khusus untuk mendukung interaksi pertukaran data mesin ke mesin melalui jaringan. Selama berkomunikasi melalui metode yang sama, maka proses komunikasi dapat terjadi tanpa membedakan OS maupun bahasa pemograman yang dipakai.   Saat ini ada dua jenis web services, yaitu yang berbasis REST dan berbasis SOAP. Web services berbasis REST cenderung lebih ringan dan lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan SOAP. Hal ini menyebabkan terjadinya peralihan dari web services berbasis SOAP ke REST.

Pada kesempatan tertulis ini, saya akan memberikan sebuah contoh halaman PHP yang memanggil web services yang dibuat dengan Java Enterprise Edition. Metode yang dipergunakan adalah metode berbasis SOAP.

Saya akan membuat dua proyek, yaitu:

  1. Server web service yang menggunakan teknologi Java Enterprise Edition. Saya menggunakan NetBeans IDE dan GlassFish bawaannya.
  2. Sebuah halaman PHP yang mengakses layanan web service yang disediakan oleh server di atas.

Membuat Server Web Service dengan Java EE

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah:

  1. Memilih menu File, New Project di NetBeans IDE. Kemudian saya memilih Java Web di Categories, dan Web Application di Projects. Setelah memberi nama proyek dan menentukan lokasi penyimpanan, saya men-klik tombol Finish.
  2. Men-klik kanan nama proyek, kemudian memilih menu New, Other... Pada dialog yang muncul, saya memilih Web Services di bagian Categories, dan Web Service di bagian File Typesseperti yang terlihat di gambar berikut ini:

    Membuat Web Services Baru

    Membuat Web Services Baru

  3.  Pada Web Service Name, saya mengisi dengan nama PerhitunganWS. Pada bagian package, saya mengisi dengan nama package co.id.jocki.ws. Setelah itu, saya men-klik tombol Finish.

NetBeans akan membuat sebuah class baru yang berada di folder Web Services seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Web Services Di Tampilan Project

Web Services Di Tampilan Project

Bila class PerhitunganWS di-buka, NetBeans memungkinkan pengguna untuk melihat dalam bentuk Source atau Design. Bila tampilan Design dipakai, maka layar editor akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

NetBeans Web Service Editor

NetBeans Web Service Editor

Untuk menambahkan sebuah operasi baru, saya melakukan langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Klik tombol Add Operation… Akan muncul sebuah dialog baru.
  2. Untuk menambah parameter, saya dapat men-klik tombol Add. Saya mengisi dialog tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

    Menambah Operasi Baru Di Web Service

    Menambah Operasi Baru Di Web Service

  3. Setelah itu, saya men-klik tombol OK.

Setelah ini, saya perlu menambahkan kode program yang berisi proses untuk operasi baru tersebut.   Saya men-klik Source di toolbar untuk beralih ke tampilan kode program.   Kemudian, saya mengubah satu-satunya baris di method tambah() menjadi return angka1 + angka2; seperti yang terlihat di gambar berikut ini:

Kode Program Operasi Di Web Service

Kode Program Operasi Di Web Service

Untuk menguji web service tersebut, klik kanan pada nama class PerhitunganWS, kemudian memilih Test Web Service seperti yang terlihat di gambar berikut ini:

Menguji Web Services

Menguji Web Service

NetBeans akan menjalankan browser yang berisi web service tester. Di halaman ini terdapat sebuah link bertuliskan WSDL File. URL disini nantinya akan dipakai oleh client web service. Di percobaan saya, nilai URL ini adalah http://localhost:8080/ServerWebService/PerhitunganWS?WSDL. Saya akan men-copy lokasi URL ini untuk dipakai di PHP nantinya.

Pada bagian methods, saya mencoba mengisi parameter dengan nilai 10 dan 20, kemudian setelah men-klik tombol tambah (nama method), akan muncul halaman tambah Method invocation. Pastikan pada halaman tersebut, terdapat tulisan Method returned int: “30”.

Sekarang server web service telah selesai dibuat. Saya tidak mematikan GlassFish server di NetBeans karena pada langkah berikutnya, saya akan memanggil web service ini di PHP.

Membuat Client Web Service dengan PHP

Sebelum mulai membuat client web service di PHP, saya memastikan apakah extension SOAP telah diaktifkan di PHP saya. Yang saya lakukan adalah membuat sebuah file PHP dengan nama info.php dimana isinya adalah <?php phpinfo(); ?>. Saat menampilkan halaman tersebut di browser, saya memastikan bahwa terdapat baris Soap Client dengan nilai Enabled.

Untuk membuat client web service, saya perlu membuat sebuah object dari class SoapClient seperti pada baris berikut ini:

$client = new SoapClient("http://localhost:8080/ServerWebService/PerhitunganWS?WSDL");

Nilai dari parameter constructur SoapClient adalah URL yang merujuk ke lokasi file WSDL. URL ini dapat dilihat di halaman web service tester pada saat saya menguji server web service di NetBeans.

Secara utuh, kode program PHP yang saya buat adalah:

<?php
function errorHandler($errno, $errstr, $errfile, $errline, array $errcontext) {
print "<h3>Terjadi kesalahan/peringatan:</h3>";
print "Baris $errline [$errstr]";
exit;
}

set_error_handler('errorHandler');

$client = new SoapClient("http://localhost:8080/ServerWebService/PerhitunganWS?WSDL");
$daftarOperasi = $client->__getFunctions();
print "<h3>Daftar Operasi Yang Tersedia Di Server WS:</h3>";
foreach ($daftarOperasi as $operasi) {
print "<p>$operasi</p>";
}
$hasil = $client->tambah(array('angka1'=>20, 'angka2'=>10));
print "<h3>Hasil operasi hitung(10,20): " . $hasil->return . "</h3>";
?>

<!--?php 

Pada kode program tersebut, saya menyertakan pemeriksaan kesalahan dengan set_error_handler(). Bagian tersebut dapat digantikan dengan menggunakan try/catch. Akan tetapi bila menggunakan try/catch, hanya pesan kesalahan yang ditampilkan, sementara pesan warning tidak akan ditampilkan. Bila pengaturan penampilan pesan kesalahan & warning secara otomatis tidak dimatikan (nilai display_errors di file konfigurasi adalah stdout), maka bagian ini tidak diperlukan.

Karena server web service di GlassFish menyediakan file WSDL, maka saya dapat menggunakan method __getFunctions() untuk melihat operasi apa saja yang disediakan oleh server web service tersebut.

Untuk memanggil salah satu operasi yang ada, saya cukup memanggil method dengan nama yang bersesuaian, diikuti dengan parameter yang diletakkan dalam associative array. Sebagai contoh, di kode program di atas, saya memanggil operasi tambah dengan nilai parameter angka1 berupa 20 dan nilai angka2 berupa 10. Hasil yang dikembalikan dari server web service adalah angka 30.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

4 Responses to Memanggil web service dari server Java EE di client PHP

  1. Gabriel Purba mengatakan:

    Slamat Malam Pak,
    saya ingin bertanya bagaiman jika memanggil wsdl di php dengan di client java?

    saya sedang cari buat Tugas Akhir saya

  2. Ping-balik: Perbandingan Web Service SOAP antara Java EE vs PHP « The Solid Snake

  3. Ping-balik: Mengakses Web Services Dari Aplikasi Java Micro Edition (Mobile) « The Solid Snake

Apa komentar Anda?

