Mengakses Web Services Dari Aplikasi Java Micro Edition (Mobile)


Artikel ini adalah request dari Erna

Seorang mahasiswi bertanya bagaimana cara mengakses database yang ada di server melalui aplikasi Java Micro Edition (JME) di ponsel.  Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan web services.  Pada tulisan ini, saya akan memakai WS-* Web Services.  Alternatif lain adalah memakai web service RESTfulyang lebih ringan.

Membuat Web Service dengan Java Di Sisi Server

Web Service akan dijalankan pada komputer server yang terhubung dengan database.   Saya akan menggunakan NetBeans IDE. Langkah pertama adalah memilih menu File, New Project…  Kemudian pilih Java Web, Web Application.  Klik tombol Next. Berikan sebuah nama proyek seperti LatihanWebService, kemudian klik tombol Next.

Pada langkah berikutnya, saya memakai server GlassFish Server 3.1.2 dan versi Java EE 6 Web.  Saya membiarkan context path saya berupa /LatihanWebService.  Karena saya tidak akan memakai framework, maka saya langsung men-klik tombol Finish.

Klik kanan pada nama proyek, kemudian pilih New, Web Service…  Pada Web Service Name, isi dengan AksesDatabase.  Kemudian pada package, isi dengan co.id.jocki.webservice.  Kemudian klik tombol Finish.

Pada nama proyek, akan ada folder Web Services yang didalamnya terdapat node AksesDatabase.  Klik kanan pada AksesDatabase, kemudian pilih Add Operation…  Isi Name dengan lihatIsiTabel, dan isi Return Type dengan java.util.ArrayList<String>.  Klik tombol OK.

Saya akan menambah sebuah operasi lagi.  Untuk itu, saya kembali men-klik kanan pada AksesDatabase, kemudian saya memilih Add Operation…  Kali ini saya mengisi dialog yang muncul sehingga terlihat seperti berikut ini:

Membuat operasi Web Service

Membuat operasi Web Service

Klik tombol OK untuk menutup dialog.

Karena saya akan memakai database MySQL, saya perlu menambahkan MySQL connector terlebih dahulu.  Saya men-klik kanan pada nama proyek (LatihanWebService), lalu memilih Properties.  Kemudian saya memilih Libraries, Add Library…  Pada pilihan yang muncul, saya memilih MySQL JDBC Driver, kemudian saya men-klik tombol Add Library.  Klik tombol OK untuk menutup dialog.

Jika saya men-double klik pada AksesDatabase di Projects, NetBeans akan memunculkan kode program dimana saya bisa menuliskan implementasi.  Saya akan memakai kode program Java 7, sehingga untuk menjalankan program ini dibutuhkan Java JDK minimal versi 7.  Java versi terbaru dapat di-download di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html.  Selain itu, saya men-klik kanan nama proyek, memilih Properties.  Pada Sources, saya memastikan bahwa JDK 7 sedang dipilih di bagian Source/Binary Format.

Berikut ini adalah isi file AksesDatabase.javayang telah saya modifikasi:

package co.id.jocki.webservice;
import com.mysql.jdbc.jdbc2.optional.MysqlConnectionPoolDataSource;
import java.sql.*;
import java.util.ArrayList;
import javax.jws.WebMethod;
import javax.jws.WebParam;
import javax.jws.WebService;

@WebService(serviceName = "AksesDatabase")
public class AksesDatabase {
  private MysqlConnectionPoolDataSource dataSource;

  public AksesDatabase() {
    dataSource = new MysqlConnectionPoolDataSource();
    dataSource.setUser("jocki");
    dataSource.setPassword("password");
    dataSource.setURL("jdbc:mysql://localhost:3306/latihan"); 
  }

  private void buatTabelBilaBelumAda(Connection cn) throws SQLException {
    ResultSet rs = cn.getMetaData().getTables(null, null, "namatabel", null);
    if (rs.next()==false) {
      // Tidak ada tabel dengan nama 'namatabel', maka buat tabel tersebut
      cn.createStatement().execute("CREATE TABLE namatabel (data VARCHAR(255))");
    }
  }
  @WebMethod(operationName = "lihatIsiTabel")
  public ArrayList<String> lihatIsiTabel() {
    ArrayList<String> lstReturn = new ArrayList<>(); 
    try (Connection cn = dataSource.getConnection()) {
      buatTabelBilaBelumAda(cn);
      Statement stmt = cn.createStatement();
      ResultSet rs = stmt.executeQuery("SELECT data FROM namatabel");
      while (rs.next()) {
        lstReturn.add(rs.getString("data"));
      }
    } catch (Exception ex) {
      System.out.println("Kesalahan [" + ex.getMessage() + "]");
    } 
    return lstReturn;
  }
  @WebMethod(operationName = "tambah")
  public boolean tambah(@WebParam(name = "nilai") String nilai) { 
    try (Connection cn = dataSource.getConnection()) {
      buatTabelBilaBelumAda(cn);
      PreparedStatement ps = cn.prepareStatement("INSERT INTO namatabel VALUES (?)");
      ps.setString(1, nilai);
      ps.executeUpdate();
    } catch (Exception ex) {
      System.out.println("Kesalahan [" + ex.getMessage() + "]");
      return false;
    }
    return true;
  }
}

Pada kode program di atas, saya mengandaikan bahwa nama user MySQL adalah jocki dan password-nya adalah password.  Bila di database tidak ada user lain, bisa juga menggunakan nama user root dan password dikosongkan (“” / string kosong).   Saya juga mengandaikan nama database yang diakses adalah latihan (ini harus sesuai dengan nama database yang ada di MySQL).

Jalankan web services dengan men-klik kanan pada nama proyek LatihanWebService kemudian memilih menu Run.  Jangan matikan server ini karena nanti akan dipanggil oleh aplikasi JME.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat web services atau ingin membuat implementasi web services dalam bahasa lain, baca artikel yang saya tulis di https://thesolidsnake.wordpress.com/2012/07/04/membuat-web-service-soap-dengan-php-dan-memanggilnya-di-client-java/ , https://thesolidsnake.wordpress.com/2012/05/26/memanggil-web-service-dari-server-java-ee-di-client-php/, atau https://thesolidsnake.wordpress.com/2012/07/08/perbandingan-web-service-soap-antara-java-ee-vs-php/ .

Membuat Aplikasi JME Sebagai Client

Saya akan membuat sebuah aplikasi JME dengan memilih menu File, New Project…  Lalu memilih Java ME, Mobile Application.  Pada Project Name, saya memberi nama LatihanClient.  Saya menghilangkan tanda centang di bagian Create Hello Midlet.  Kemudian saya men-klik tombol Next.  Pada Emulator Platform, saya akan memiliki CLDC Oracle Java(TM) Platform Micro Edition SDK 3.0.5.  Lalu pada Device, saya memilih DefaultCldcMsaPhone1.   Saya memastikan Device Configuration bernilai CLDC-1.1 dan Device Profile bernilai MIDP-2.1.  Kemudian saya men-klik Finish untuk membuat proyek tersebut.

Saya membuat sebuah MIDlet baru dengan men-klik kanan pada nama proyek, kemudian memilih New, MIDlet…  Pada MIDlet Name, saya mengisi LatihanMidlet.  Pada Package, saya mengisi co.id.jocki.midlet.  Lalu saya men-klik tombol Finish.

Langkah berikutnya adalah membuat stub untuk web services.  Saya mulai dengan men-klik kanan pada nama proyek, memilih New, Others…  Pada MIDP, saya memilih Java ME Web Service Client dan men-klik tombol Next. Pada langkah Java ME Web Service Client Information, pilih Running Web Service,  isi WSDL URL dengan http://localhost:8080/LatihanWebService/AksesDatabase.    Ini adalah URL web service yang telah saya buat sebelumnya.  Lalu klik tombol Retrieve WSDL.  Jika tidak terjadi kesalahan, NetBeans akan mengisi field yang ada secara otomatis seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menambah Stub WS ke Java ME

Menambah Stub WS ke Java ME

Klik tombol Finish untuk selesai.

Sekarang, di proyek JME LatihanClient, akan ada package AksesDatabase yang dibuat secara otomatis.  Yang perlu saya lakukan sekarang adalah menambahkan kode program pada LatihanMiddlet.java yang akan memakai stub tersebut untuk mengakses web services.

Berikut ini adalah isi LatihanMiddlet.javayang telah saya modifikasi:

package co.id.jocki.midlet;

import aksesdatabase.AksesDatabase;
import aksesdatabase.AksesDatabase_Stub;
import java.rmi.RemoteException;
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.MIDlet;

public class LatihanMidlet extends MIDlet {

    private List listData;
    private Form frmTambah;
    private TextField txtData;
    private Command cmdSimpan;
    private Command cmdTambah;

    public void startApp() {
        if (listData==null) {            
            listData = new List("Data Di Database", List.EXCLUSIVE);            
            cmdTambah = new Command("Tambah", Command.ITEM, 0);            
            listData.addCommand(cmdTambah);
            listData.setCommandListener(new CommandListener() {

                public void commandAction(Command c, Displayable d) {
                    if (c==cmdTambah) {
                        Display.getDisplay(LatihanMidlet.this).setCurrent(frmTambah);
                    }
                }

            });

            frmTambah = new Form("Akses Database");
            txtData = new TextField("Data", null, 20, TextField.ANY);
            frmTambah.append(txtData);
            cmdSimpan = new Command("Simpan", Command.OK, 0);
            frmTambah.addCommand(cmdSimpan);
            frmTambah.setCommandListener(new CommandListener() {

                public void commandAction(Command c, Displayable d) {
                    if (c==cmdSimpan) {
                        String data = txtData.getString();
                        simpanDataKeDatabase(data);
                        getDataDariDatabase();
                        Display.getDisplay(LatihanMidlet.this).setCurrent(listData);
                    }
                }

            });

        }
        getDataDariDatabase();
        Display.getDisplay(this).setCurrent(listData);
    }        

    private void getDataDariDatabase() {
        AksesDatabase aksesDatabase = new AksesDatabase_Stub();
        listData.deleteAll();
        try {
            String[] data = aksesDatabase.lihatIsiTabel();
            for (int i=0; i<data.length; i++) {
                listData.append(data[i], null);
            }
        } catch (RemoteException ex) {            
            listData.append("Kesalahan Akses Data [" + ex.getMessage() + "]", null);
        }
    }

    private void simpanDataKeDatabase(String data) {
        AksesDatabase aksesDatabase = new AksesDatabase_Stub();
        try {
            aksesDatabase.tambah(data);
        } catch (RemoteException ex) {
            listData.append("Kesalahan Simpan Data [" + ex.getMessage() + "]", null);
        }
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
}

Sekarang, saya akan mencoba menjalankan aplikasi JME tersebut dengan men-klik icon Run (F6).  Tampilan awal adalah sebuah List yang harusnya berisi isi tabel (saat ini masih kosong karena belum ada data):

Tampilan Awal (Isi Tabel Masih Kosong)

Tampilan Awal (Isi Tabel Masih Kosong)

Pilih menu “Tambah” (dengan left soft key/tombol untuk menu kiri).  Akan muncul frmTambah yang berisi sebuah TextField.  Saya mengisi TextField ini dengan jocki, kemudian memilih menuSimpan:

Menambah Data Baru

Menambah Data Baru

Hal ini akan menyebabkan nilai “jocki” disimpan di tabel database.   Sekarang saat List mengambil data dari tabel di database, ia akan menemukan sebuah data:

Data Diambil Dari Database

Data Diambil Dari Database

Seandainya saya menambah sebuah data baru dengan nilai “keren”, isi List akan terlihat seperti:

Mengambil Data Dari Database

Mengambil Data Dari Database

Bila ingin lebih yakin lagi, silahkan periksa isi tabel di database dan pastikan terdapat dua record dengan nilai “jocki” dan “keren”.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

