Membongkar “Operating System” modem ADSL


Karena kebetulan ada sebuah “modem” router ADSL yang sedang tidak terpakai, timbul rasa ingin tahu bagaimana cara kerja  modem tersebut.  Seperti yang sudah diketahui banyak orang, untuk melakukan konfigurasi modem ADSL bisa melalui web dengan membuka URL 192.168.1.1.  Setelah saya melakukan googling, server web yang dipakai untuk “hosting” halaman konfigurasi modem adalah RomPager produk dari AllegroSoft.   RomPager adalah sebuah web server yang biasa dipakai pada embedded device dan dibuat dengan bahasa pemograman C.

Tapi ternyata melakukan konfigurasi modem tidak hanya bisa melalui web, juga bisa melalui telnet!  Yup, saya bisa membuka command prompt dan memberikan perintah:

telnet 192.168.1.1

Setelah itu, saya akan diminta untuk memasukkan password administrasi.  Sekarang, saya bisa memberikan perintah untuk mengatur modem.  Perintah yang ada jauh lebih banyak  dibandingkan melalui interface web.  Pertanyaannya adalah perintah apa yang dapat saya berikan?

Setelah melakukan googling, saya menemukan bahwa kebanyakan perintah yang dapat saya berikan sangat mirip dengan perintah untuk ZyNOS.  ZyNOS sendiri adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh ZyXEL Communication Corporation untuk perangkat networking.   Sistem operasi ini tidak bersifat open-source, tapi kebanyakan modem Huawei dan TP-Link memiliki perintah yang sangat mirip.

Tidak semua perintah yang ada di daftar perintah ZyNOS dapat dipakai di modem percobaan.  Tetapi  saking banyaknya perintah yang mirip, membuat saya percaya bahwa OS yang dipakai oleh modem saya adalah ZyNOS.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana untuk memperoleh backup firmware yang ada?  Saya bisa memperoleh backup ROM dengan mudah melalui interface web, tetapi saya ingin melihat firmware yang berisi seluruh kode program yang menjadi inti dari modem saya. Saya sempat kecewa karena beberapa post di forum mengatakan bahwa model ini tidak dapat di-backup firmware-nya.  Saya tahu bahwa port ftp di 192.168.1.1 menyala, dan saat melakukan ftp ke 192.168.1.1, saya menemukan 2 file, yaitu RAS dan ROM-0.  ROM-0 adalah file ROM yang bisa saya peroleh melalui interface web.  File RAS pastinya berisi firmware, namun saat di-get melalui ftp, muncul pesan kesalahan yang mengatakan bahwa saya tidak memiliki izin untuk mengambil file tersebut.

Beruntung, saya tetap melanjutkan googling dengan keyword berbeda, dan akhirnya menemukan cara untuk mengambil file firmware tersebut.  Saya memberikan perintah ini setelah masuk ke dalam telnet:

sys stdio 0

Setelah itu, saya menggunakan tftp (bukan ftp) untuk mengambil file RAS.  Btw, tftp adalah software di Linux yang memakai Trivial File Transfer Protocol (TFTP).  TFTP berbeda dari FTP dimana TFTP sangat sederhana, misalnya tidak perlu login.

Modem percobaan saya memakai chipset ADSL TrendChip dan tidak banyak informasi yang saya peroleh mengenai chipset ini.  File RAS yang telah saya peroleh terdiri atas beberapa bagian, seperti file gambar GIF,  header ZyNOS yang diikuti dengan bagian yang terkompresi (dengan format LZMA atau 7-zip format).   Setelah memecah file RAS dan melakukan dekompresi, saya bisa melihat isi firmware secara jelas.  Saat ini yang dapat saya baca hanya kode HTML, pesan kesalahan,  sedangkan kode bahasa mesinnya tidak satupun saya pahami🙂   Tapi dari hasil googling, ada beberapa orang yang nekad melakukan reverse engineering kode yang ada (walaupun ini mungkin melanggar hukum, tergantung negara).   Dunia memang lucu.  Disaat saya bingung memikirkan cari kerja untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, ada banyak orang-orang diluar sana yang menghamburkan waktunya melakukan hal-hal unik dan berguna.  Bicara soal makan, sepertinya saya perlu segera memeriksa apakah masih ada indomie yang tersisa tuk mengisi laper setelah berjam-jam di depan komputer🙂

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

One Response to Membongkar “Operating System” modem ADSL

  1. Zaenal Muttakin mengatakan:

    Thanks banget Om,, ni yang aku cari2..🙂

Apa komentar Anda?

