Menghilangkan Pesan Warning Di Aptana Studio 3


Aptana Studio 3 adalah salah satu IDE untuk pemograman web front-end seperti JavaScript.  IDE ini berbasiskan Eclipse sehingga tidak sulit bagi saya untuk beradaptasi.  Satu hal yang menganggu adalah “tema” tampilannya yang datang dengan latar belakang hitam.  Beruntung ada icon “Themes” di toolbar yang dapat dipakai untuk berganti tema secara cepat.

Hal lain yang menganggu saat mencoba membuat sebuah kode program sederhana adalah munculnya pesan warningshould trim empty <div>“.  Padahal framework seperti jQuery UI sangat sering memanfaatkan <div> yang kosong.  Pesan warning tersebut akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Pesan warning pada empty <div>

Pesan warning pada empty <div>

Pesan warning adalah peringatan bahwa mungkin saja ada sesuatu yang salah, tapi warning bukanlah error.  Oleh sebab itu, banyak developer yang mengabaikan pesan warning (warna kuning) dan hanya akan bereaksi pada pesan error (warna merah).  Tapi saya lebih senang untuk sebisa mungkin menghilangkan baik warning maupun error pada proyek saya.  Tag yang kosong bukanlah masalah bagi saya, jadi saya harus memberitahu Aptana Studio untuk tidak memberikan warning berkaitan dengan hal tersebut.

Saya mulai dengan memilih menu Window, Preferences.  Lalu saya memilih Aptana Studio, Validation.  Saya kemudian men-klik bagian HTML.  Validator yang bertanggung jawab untuk menghasilkan pesan warning empty tag adalah HTML Tidy Validator, jadi saya men-klik pada baris HTML Tidy Validator.   Saya bisa membuat agar  HTML Tidy Validator tidak dikerjakan dengan menghilangkan tanda centang dan menggantinya dengan tanda silang.

Saya juga bisa membuat HTML Tidy Validator untuk mengabaikan pesan warning tertentu.  Caranya adalah dengan men-klik icon  tambah (+) di bagian Filter.  Lalu pada dialog yang muncul, saya mengisi dengan regex seperti berikut ini:

.*should trim empty.*

Setelah men-klik OK, window Preferences akan terlihat seperti berikut ini:

Pengaturan validator di Aptana Studio

Pengaturan validator di Aptana Studio

Setelah men-klik OK dan melakukan rebuild kode program proyek, pesan warning yang mengandung kalimat “should trim empty” tidak akan ditampilkan lagi.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

