Kapan memakai jQuery.proxy()?


Saat membuat widget untuk JQuery UI, saya menemukan contoh yang tepat untuk penerapan jQuery.proxy() sebagai pengganti closure.   Sebagai contoh, ini adalah kode widget saya secara garis besar:

(function($) {

  $.widget("thesolidsnake.jlSimpleTableEditor", {

    _create: function() {
       [[ NILAI this DISINI AKAN MERUJUK PADA PLUGIN SAYA ]]
       this.element;
       this.options;
       ...
    },

    ... // diabaikan

  }
})(jQuery);

Selama berada di method seperti _create, saya dapat memakai this untuk mendapatkan elemen yang diproses dengan this.element. Saya juga dapat memakai this untuk mendapatkan options (parameter) apa saja yang diberikan oleh pengguna dengan this.options.

Saya kemudian membuat sebuah elemen secara dinamis dan melakukan binding pada elemen tersebut, seperti pada kode program berikut ini:

(function($) {

  $.widget("thesolidsnake.jlSimpleTableEditor", {

    _create: function() {
       [[ Nilai this merujuk pada plugin saya ]]
       this.element;
       this.options;
       ...
       $("#test").bind("click", function() {
          [[ Nilai this merujuk pada elemen yang sedang di-klik ]]
          this.element;   // Tidak ditemukan, undefined
          this.options;   // Tidak ditemukan, undefined
       });
    },

    ... // diabaikan

  }
})(jQuery);

Permasalahannya sekarang dalam anonymous function tersebut, this tidak lagi merujuk ke objek plugin melainkan merujuk ke elemen yang sedang di-klik.

Bila saya ingin tetap mengakses this.element atau this.options di dalam anonymous  function tersebut, maka salah satu alternatif yang bisa saya ditempuh adalah dengan memakai closure.  Misalnya, saya bisa membuat sebuah variabel self yang berisi this, kemudian variabel self ini dapat diakses di anonymous  function tersebut, seperti yang terlihat seperti berikut ini:

(function($) {

  $.widget("thesolidsnake.jlSimpleTableEditor", {

    _create: function() {
       [[ Nilai this merujuk pada plugin saya ]]
       this.element;
       this.options;
       ...
       var self = this;
       $("#test").bind("click", function() {
          [[ Nilai this merujuk pada elemen yang sedang di-klik ]]
          this.element;   // Tidak ditemukan, undefined
          this.options;   // Tidak ditemukan, undefined
          self.element;   // Bekerja sesuai dengan yang diharapkan
          self.options;   // Bekerja sesuai dengan yang diharapkan
          ... // diabaikan
       });
    },

    ... // diabaikan

  }
})(jQuery);

Selain memakai closure, ada sebuah cara lain lagi yang lebih hemat memori, yaitu dengan menggunakan jQuery.proxy().  Method ini pada dasarnya akan memanggil Function.apply() di JavaScript yang memang ditujukan untuk memberi makna pada nilai this.  Contoh versi yang memakai jQuery.proxy() akan terlihat seperti berikut ini:

(function($) {

  $.widget("thesolidsnake.jlSimpleTableEditor", {

    _create: function() {
       [[ Nilai this merujuk pada plugin saya ]]
       this.element;
       this.options;
       ...
       $("#test").bind("click", $.proxy(function() {
          ...
          this.element;   // Nilainya sesuai dengan yang diharapkan
          this.options;   // Nilainya sesuai dengan yang diharapkan
          ... // diabaikan
       }, this));
    },

    ... // diabaikan

  }
})(jQuery);

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

