Memakai Griffon Di IntelliJ IDEA


Selama ini, saya memakai STS  yang berbasis Eclipse untuk bermain-main dengan Griffon.  STS memang mendukung Groovy, tapi tidak ada plugin terintegrasi di STS untuk Griffon.  Saya membutuhkan sesuatu yang lebih nyaman.  Setelah melakukan pencarian singkat di Google, saya menemukan bahwa IDE ‘terbaik’ yang mendukung Groovy dan Griffon adalah IntelliJ IDEA.  Beberapa bagian source code IntelliJ IDEA bahkan dibuat dengan Groovy.

Saat melihat logo IntelliJ IDEA, saya langsung merasakan suasana nostalgia.  Maklum saja, pada saat saya pertama kali bekerja di industri software sebagai developer Java, saya memakai IntelliJ IDEA.  Saya merasa sangat nyaman dengan IDE yang satu ini.  Sayangnya, IntelliJ IDEA tidak gratis!  Begitu pindah ke lokasi kerja yang baru, saya kehilangan lisensi dan akhirnya beralih ke Eclipse yang gratis!  Well, saya merasa sangat nyaman dengan Eclipse hingga sekarang (walaupun pada saat mengajar, saya memakai NetBeans karena mahasiswa lebih nyaman dengan NetBeans).

Tapi IntelliJ IDEA kini memiliki versi open source yang dapat di-download gratis, yaitu IntelliJ IDEA Community Edition.  Saya dapat men-download versi terbarunya di http://www.jetbrains.com/idea/download/.

Setelah IntelliJ IDEA di-install, pada saat membuat proyek baru, sudah ada pilihan untuk membuat aplikasi Groovy dan Griffon, seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini:

Membuat Proyek Griffon Baru

Membuat Proyek Griffon Baru

Karena masih baru, pilihan di Project SDK masih <None>.  Oleh sebab itu, saya men-klik tombol New… dan memilih JDK.  Setelah itu, saya memilih lokasi dimana saya men-install Java SDK.

Setelah itu, saya men-klik tombol Next.  Pada halaman ini, saya akan mendapatkan pesan Error: library is not specified karena ini adalah pertama kalinya saya menjalankan IntelliJ IDEA.   Saya perlu men-klik tombol Create,  kemudian memilih lokasi dimana saya men-install Griffon.  Tampilan akan menjadi terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Memilih Griffon SDK

Memilih Griffon SDK

Setelah itu, saya men-klik tombol Finish untuk menyelesaikan proses pembuatan proyek baru.

Sebagai perbandingan, pada saat memakai Eclipse (STS), saya tidak bisa membuat proyek baru Griffon dari dalam IDE.  Saya harus menggunakan Command Prompt untuk menghasilkan proyek, kemudian men-import proyek tersebut di Eclipse.  IntelliJ IDEA lebih memanjakan saya, karena setelah proyek baru dibuat, akan muncul dialog yang berisi perintah yang biasanya saya ketik untuk membuat proyek Griffon baru, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Dialog Create Griffon Structure

Dialog Create Griffon Structure

Saya memilih pilihan pertama (create-app) dan men-klik tombol OK.

Tampilan project akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Tampilan Proyek

Tampilan Proyek

Tapi, saya bisa berpindah ke Griffon View untuk resources berdasarkan pengkategorian secara logika (bukan lokasi fisik), seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Tampilan Griffon View

Tampilan Griffon View

Fitur seperti ini tidak ada di Eclipse (STS) karena hingga saat ini memang belum ada plugin Griffon untuk Eclipse.   Selain itu, disini saya bisa langsung menjalankan proyek dengan tombol Shift+F10 tanpa melalui Ant ataupun eclipse.launch, seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Menjalankan Proyek

Menjalankan Proyek

Melakukan debugging kode proram Griffon di Eclipse adalah salah satu hal yang cukup melelahkan.  Beruntungnya, pada IntelliJ IDEA  saya tinggal memberikan breakpoint dan men-klik tombol Debug (Shift+F9).   Secara teori, bila developer sudah membuat unit test secara detail untuk setiap class yang ada, maka tidak perlu ia tidak perlu melakukan debugging lagi.   Tapi bagi saya, fitur debugging terkadang masih tetap dibutuhkan untuk mencari kesalahan, terutama pada bahasa dinamis seperti Groovy.

Bicara soal unit test, saya bisa menjalankan kode program pengujian yang dihasilkan oleh Griffon secara langsung di dalam IntelliJ IDEA dengan men-klik kanan pada folder Unit Tests dan memilih Run ‘All Tests’ (Ctrl+Shift+F10).  Tampilan hasil pengujian akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Tampilan Hasil Pengujian

Tampilan Hasil Pengujian

Bagaimana bila saya ingin menjalankan salah satu perintah console Griffon?  Apakah saya perlu membuka Command Prompt seperti saat memakai Griffon di STS (Eclipse)?   Tida perlu!  Di IntelliJ IDEA, saya cukup memilih Tools, Griffon, Run Target (Ctrl+Alt+G) seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menjalankan Perintah Griffon

Menjalankan Perintah Griffon

Output dari perintah yang saya berikan akan tampil di view Griffon Console.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

