Membuat Aplikasi Database Tanpa Coding Dengan NetBeans


P.S.: Pada artikel ini, saya memakai database Oracle TimesTen, akan tetapi langkah yang sama juga dapat diterapkan pada database lainnya asalkan memilih driver JDBC yang tepat untuk database tersebut.

Saya akan mencoba membuat sebuah program Java sederhana yang mengakses dan melakukan query pada database TimesTen.   Saya akan memakai Java 7 di NetBeans 7.3.   Karena NetBeans menyediakan fitur GUI editor yang lumayan canggih, pada artikel ini saya akan menempuh cara ang drag-n-drop (di balik layar NetBeans tetap memakai JPA!).   Saya tidak perlu mengetik kode program, bahkan satu baris kode program pun tidak perlu.   Seorang teman saya sangat tergila-gila pada fasilitas GUI yang drag-n-drop di NetBeans, membuatnya enggan beralih ke IDE lain.   Saya secara pribadi tidak akan pernah 100% bergantung pada visual editor, karena biasanya akselerasi hanya terasa di awalnya tapi sering kali ribet di kemudian hari ;)   Tapi mungkin ini hanya masalah selera; produktifitas seorang developer akan tinggi bila ‘selera’-nya terpenuhi.

Saya akan mulai dengan membuat sebuah proyek baru.   Untuk itu, saya memilih menu File, New Project….   Pada dialog yang muncul, saya memilih Java, Java Application kemudian men-klik tombol Next.   Saya mengisi nama proyek dengan LatihanTimesTen, kemudian menghilangkan tanda centang pada Create Main Class.   Setelah itu saya menyelesaikan pembuatan proyek baru dengan men-klik tombol Finish.

Sama seperti database lainnya yang berbasis SQL, untuk mengakses TimesTen di Java harus melalui JDBC API.   Btw, JDBC adalah sebuah ukan merupakan sebuah singkatan.   Walaupun demikian, nama JDBC sepertinya agak mirip dengan ODBC (Open Database Connectivity) buatan Microsoft, bahkan sekilas terlihat ada persamaan diantara mereka.   Untuk memakai ODBC, dibutuhkan driver yang disediakan oleh pembuat database.   Begitu juga, untuk memakai JDBC dibutuhkan driver JDBC dalam bentuk file JAR yang disediakan oleh pembuat database.   Pada instalasi saya, lokasi driver ini terletak di C:\TimesTen\tt1122_32\lib.   Untuk Java 7, saya akan memakai file bernama ttjdbc7.jar.   Pada dasarnya file ttjdbc7.jar dan ttjdbc6.jar adalah file yang sama (duplikat)!

Saya akan memakai fasilitas GUI dari NetBeans untuk menjelajahi database.   Tapi sebelumnya saya memastikan terlebih dahulu bahwa TimesTen Data Manager sudah dijalankan.   Untuk itu, saya memberikan perintah ttDaemonAdmin -start. Bagi   yang tidak ingin memakai perintah Command Prompt bisa langsung memerika di Control Panel, Administrative Tools, Services.   Setelah itu, saya juga melakukan koneksi pertama kali ke database melalui ttIsql agar database di-load ke memori sehingga dapat dipakai oleh user lainnya.

Lalu, saya memilih menu Window, Services di NetBeans.   Pada Databases, saya men-klik kanan dan memilih New Connection… seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Mendaftarkan koneksi baru

Mendaftarkan koneksi baru

Setelah itu, pada Driver, saya memilih New Driver….   Akan muncul dialog New JDBC Driver. Saya mengisinya seperti dengan yang terlihat pada gambar berikut ini:

Mendaftarkan driver JDBC baru

Mendaftarkan driver JDBC baru

Pastikan pada Driver Class, yang dipilih adalah com.timesten.jdbc.TimesTenDriver dan bukan com.timesten.jdbc.TimesTenClientDriver.   Hal ini karena saya melakukan direct connection, bukan client server.

Setelah itu, saya men-klik tombol OK.   Kemudian, saya men-klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Saya mengisi dialog Customize Connection seperti pada gambar berikut ini:

Menambahkan informasi koneksi

Menambahkan informasi koneksi

Setelah itu, saya men-klik tombol Next.   Saya membiarkan schema SOLID terpilih (sesuai dengan nama user yang saya berikan) dan langsung men-klik tombol Next.   Saya kemudian mengisi Input connection name dengan TimesTen Database LATIHAN (boleh di-isi dengan nama apa saja), kemudian men-klik tombol Finish.

NetBeans tidak dapat menampilkan daftar tabel untuk database TimesTen, tetapi ia tetap dapat membantu saya dalam mengerjakan perintah SQL.   Saya men-klik kanan nama koneksi TimesTen Database LATIHAN, kemudian memilih menu Execute Command….   Akan muncul sebuah editor baru dimana saya bisa mengerjakan perintah SQL untuk koneksi tersebut, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Mengerjakan SQL dari NetBeans

Mengerjakan SQL dari NetBeans

Ok, sekarang saya mendefinisikan sebuah koneksi database.   Saya dapat mulai membuat kode program tanpa perlu ‘mengetik‘ (baca: sihir).   Pada window Projects, saya men-klik kanan Source Packages, kemudian memilih New, JFrame Form… seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Membuat JFrame baru

Membuat JFrame baru

Bila menu ini tidak terlihat, saya dapat mencarinya dengan memilih Other….

Pada dialog yang muncul, saya mengisi Class Name dengan ProdukView dan mengisi package dengan com.wordpress.thesolidsnake.view.   Setelah itu, saya men-klik tombol Finish.

Pada visual editor yang muncul, saya men-drag komponen Table ke layar utama seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menambahkan komponen tabel

Menambahkan komponen tabel

Kemudian, saya men-klik kanan pada komponen yang baru saja saya tambahkan dan memilih menu paling awal yaitu Table Contents….   Pada kotak dialog Customizer Dialog yang muncul, saya memilih Bound, kemudian men-klik tombol Import Data to Form… seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Melakukan binding data dari database

Melakukan binding data dari database

Pada dialog Import Data To Form, saya memilih koneksi database dan tabel seperti yang terlihat pada gambar berikut ini (saya mengandaikan bahwa tabel PRODUK sudah dibuat sebelumnya):

Mengambil informasi dari database

Mengambil informasi dari database

Setelah itu, saya men-klik tombol OK.   NetBeans akan memunculkan pesan menunggu untuk proses importing….   Setelah selesai, Binding Source secara otomatis akan terisi dengan produkList.

Saya akan berpindah ke tab Columns untuk mendefinisikan kolom yang akan ditampilkan.   Saya menambahkan dua buah kolom untuk tabel tersebut, sesuai dengan kolom yang ada di database, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menambahkan kolom untuk tabel

Menambahkan kolom untuk tabel

Setelah itu, saya men-klik tombol Close untuk menutup dialog.

Sekarang, saya akan menjalankan aplikasi dengan men-klik tombol Run Project (atau menekan F6).   Pada dialog Run Project yang muncul, saya memastikan bahwa com.wordpress.thesolidsnake.view.ProdukView terpilih sebagai main class, lalu men-klik tombol OK.   Tabel akan muncul terisi dengan data dari database, seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Tampilan program saat dijalankan

Tampilan program saat dijalankan

Sesuai dengan janji saya, tidak ada satu barispun kode program yang saya ketik disini.   Tapi dibalik layar, NetBeans akan memakai JPA untuk mengakses database!   Yup, JPA seperti pada plugin simple-jpa yang saya buat untuk Griffon, bukan plain SQL di JDBC.   Dengan demikian, NetBeans juga menghasilkan kode program yang membuat dan memakai EntityManager.   Bukan hanya itu, NetBeans juga menghasilkan sebuah domain class (atau tepatnya JPA Entity) dengan nama Produk yang sudah lengkap dengan named query, seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini:

JPA Entity bernama Produk yang dihasilkan NetBeans

JPA Entity bernama Produk yang dihasilkan NetBeans

Kode program yang dihasilkan oleh NetBeans memakai org.jdesktop.swingbinding.JTableBinding untuk melakukan binding. Sebagai perbandingan, pada simple-jpa, binding dilakukan melalui SwingBuilder (bawaan Groovy) dan GlazedLists.   Untuk menentukan ekspresi setiap kolom, NetBeans memakai Expression Language (seperti pada JSP dan JSF).   Sebagai perbandingan, pada simple-jpa, saya memakai Groovy template engine yang menerima seluruh ekspresi Groovy.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

6 Responses to Membuat Aplikasi Database Tanpa Coding Dengan NetBeans

  1. sang warta mengatakan:

    oom.. klo mau menggunakan dengan SQLite apakah perintahnya mirip ?
    mohon arahannya ya.. terima kasih..

  2. sang warta mengatakan:

    terima kasih atas jawabannya. untuk detil langkah-langkahnya apakah sama seperti langkah yang terangkan di atas/sebelumnya ?

    • Solid Snake mengatakan:

      sama seperti sebelumnya. Hanya saja pada saat memilih jenis database, pilih jenis databasenya seperti JavaDB. Untuk database yang JDBC-nya belum terdaftar, klik tombol Add untuk menambah driver JDBC database tersebut. Selain itu, JDBC URL seperti jdbc:timesten:direct:LATIHAN harus diubah sesuai dengan jenis database yang dipakai. Format JDBC URL untuk masing-masing database dapat dibaca di dokumentasi database bersangkutan.

  3. Rendy Kusumo mengatakan:

    Permisi.. Newbie mau tanya..😀
    Kalau kita build and clean programnya (db derby dan netbeans).. Trus hasil build and clean di folder ../dist/namaprogram.jar itu kalau kita jalankan dapat langsung terbentuk sebuah program yang sudah terconnec ke database derby nya..? Mohon pencerahannya.. Trims..

    • Solid Snake mengatakan:

      Selain file namaprogram.jar, pada folder tersebut juga ada sebuah folder lib yang berisi library seperti beansbinding-1.2.1.jar, derby.jar, eclipselink.jar, javax.persistence_2.1.0.jar, dan org.eclipse.persistence.jpa.jpql.jar. Folder lib ini berisi library yang dipakai oleh namaprogram.jar dan harus ada agar program dapat dijalankan.

      Bila memakai Java DB (Derby) sebagai database embedded dan JDBC seperti jdbc:derby:Latihan;create=true maka tidak dibutuhkan server database karena saat namaprogram.jar dijalankan, database akan dibuat di lokasi yang sama dengan folder sesuai dengan nama database, misalnya Latihan.

      Bila memakai Java DB (Derby) sebagai database client server, maka sebelum menjalankan namaprogram.jar, jalankan terlebih dahulu server Java DB.

Apa komentar Anda?

