Mengakses TimesTen Dengan Oracle SQL Developer


Selama ini saya mengakses database TimesTen melalui tool bawaan yang berbasis command line, yaitu ttIsql.   Namun proses administrasi database akan lebih mudah bila seandainya terdapat tool berbasis GUI.   Sebagai contoh, di MySQL Server ada MySQL Workbench dan di Oracle Database ada SQL Developer, juga ada aplikasi komersial seperti Toad.   Lalu bagaimana dengan Oracle TimesTen?   Saya dapat menggunakan SQL Developer untuk mengakses database TimesTen.

Tapi saat pertama kali mencoba menghubungi TimesTen di SQL Developer, saya mengalami kendala.  Saat saya mengakses TimesTen melalui metode direct connection, SQL Developer menampilkan pesan kesalahan seperti berikut ini:

[TimesTen][TimesTen 11.2.2.5.0 ODBC Driver][TimesTen]TT0837:
Cannot attach data store shared-memory segment, error 8 -- file
"db.c", lineno 9934, procedure "sbDbConnect"

Error 8 adalah pesan kesalahan bahwa memori tidak cukup.   Dokumentasi TimesTen menyebutkan bahwa manajemen shared memory di Windows berbeda dengan sistem operasi Unix atau Linux.   Keterbatasan di Windows menyebabkan sulitnya memetakan seluruh isi database ke lokasi memori secara berlanjut (tanpa fragmentasi).   Dokumentasi juga menyarankan agar memakai Windows 64-bit untuk menghindari kesalahan ini.

Tapi bagaimana bila saya tidak akan beralih ke Windows 64-bit?  Saya tetap ingin mengakses TimesTen melalui SQL Developer di Windows 32-bit.   Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan koneksi client server di komputer yang sama.   Btw, hanya DSN yang didefinisikan pada System DSN saja yang dapat diakses sebagai server.   Sebagai contoh, gambar berikut ini DSN di ODBC Data Source Administrator yang akan dijadikan sebagai server:

Server DSN

Server DSN

Saya akan membuat sebuah client DSN baru dengan men-klik tombol Add…, memilih TimesTen Client 11.2.2 lalu men-klik tombol Finish.

Pada kotak dialog yang muncul, saya men-klik tombol Servers….   Lalu, pada kotak dialog Oracle TimesTen Logical Server List, saya men-klik tombol Add… untuk mendefinisikan server baru, yang isinya seperti berikut ini:

Mendefinisikan server baru

Mendefinisikan lokasi server baru

Setelah itu, saya men-klik tombol OK. Saya memilih server yang barusan saya buat, lalu men-klik tombol Close.   Kemudian saya mengisi kotak dialog yang ada menjadi seperti pada tampilan berikut ini:

Atribut untuk client DSN

Atribut untuk client DSN

Saya men-klik tombol Test Oracle TimesTen Server Connection dan Test Data Source Connection untuk memastikan koneksi dapat dilakukan dengan baik.   Setelah itu, saya men-klik tombol OK dua kali untuk menyelesaikan proses pembuatan client DSN ini.

Sekarang, saya akan menjalankan SQL Developer.   Tapi sebelumnya, saya perlu memastikan terlebih dahulu bahwa library TimesTen yang dibutuhkan sudah terdaftar di environment variable CLASSPATH.   Agar lebih pasti, saya menjalankan SQL Developer dari command prompt dengan memberikan perintah seperti berikut ini:

C:\>c:\TimesTen\tt1122_32\bin\ttenv.bat
Setting environment variables for TimesTen

set PATH to "..."

set CLASSPATH to "..."

C:\>c:\sqldeveloper\sqldeveloper

Tidak lama kemudian SQL Developer akan muncul di layar.  Saya hanya perlu sekali saja untuk mengerjakan SQL Developer seperti di atas, setelah itu saya dapat menjalankan SQL Developer melalui shortcut.

Langkah pertama yang saya lakukan di SQL Developer adalah men-klik tombol new connection pada SQL Developer untuk membuat koneksi baru ke database TimesTen, seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Membuat koneksi baru

Membuat koneksi baru

Saya kemudian mengisi kotak dialog New / Select Database Connection menjadi seperti pada gambar berikut ini:

Mengisi informasi koneksi ke TimesTen

Mengisi informasi koneksi ke TimesTen

Bila tab TimesTen tidak muncul seperti di gambar di atas, pastikan bahwa JDBC driver untuk TimesTen sudah didefinisikan di environment variable CLASSPATH.

Saya kemudian men-klik tombol Test dan memastikan bahwa terdapat indikator Status: Success.   Setelah yakin, saya men-klik tombol Save, lalu diikuti dengan men-klik tombol Connect.

Setelah ini, saya dapat melihat isi schema untuk LATIHAN_CLIENT melalui SQL Developer, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Melihat isi schema database

Melihat isi schema database

Pada bagian Reports, saya juga dapat mengerjakan beberapa query ‘siap jadi‘ yang berkaitan dengan administrasi database TimesTen, seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Query siap jadi untuk administrasi TimesTen

Query siap jadi untuk administrasi TimesTen

Untuk melakukan operasi pada sebuah tabel, saya dapat men-klik kanan sebuah tabel dan memilih salah satu akses yang diinginkan, seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini:

Aksi pada tabel

Aksi pada tabel

Pada SQL Worksheet, saya dapat memberikan query SQL ataupun mengerjakan PL/SQL, seperti yang diperlihatkan oleh gambar berikut ini:

Mengerjakan PL/SQL dari worksheet

Mengerjakan PL/SQL dari worksheet

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

One Response to Mengakses TimesTen Dengan Oracle SQL Developer

  1. Ping-balik: Memakai Full-Text Search Di MySQL Server | Programming Logic And Technology

Apa komentar Anda?

