UNIX Di Windows: Subsystem for UNIX-based Applications (SUA)


Satu fakta menarik tentang Microsoft Windows adalah sistem operasi tersebut memiliki dukungan bawaan untuk menjalankan aplikasi UNIX (standar POSIX).   Microsoft secara bawaan sudah mendukung UNIX?   Yang benar saja?   Yup, dukungan bawaan tanpa perlu men-install program milik pihak ketiga seperti Cygwin dan MinGW.   Mengapa Microsoft Windows mendukung UNIX?   Hal ini berkaitan dengan peraturan negara (di Amerika) FIPS 151-2 yang mensyaratkan bahwa sistem operasi yang dipakai oleh pemerintah harus memenuhi standar POSIX.   Sektor pemerintahan adalah salah satu sumber pendapatan terbesar; ini membuat Microsoft menargetkan Windows untuk mendukung standar POSIX.   Pada bulan Februari 2000, peraturan ini tidak berlaku lagi.   Windows 8.1 juga tidak akan lagi mendukung standar POSIX.

Walaupun dukungan bawaan dari Windows lebih terbatas bila dibandingkan dari solusi pihak ketiga yang gratis seperti Cygwin dan MinGW, saya akan mencoba memakai fitur ini di Windows 7.   Untuk mengaktifkan SUA di Windows 7, saya perlu memilih menu Start, Control Panel, Programs and Features.   Pada bagian side pane di sisi kiri, saya men-klik pada pilihan Turn Windows features on or off.   Pada kotak dialog Windows Features yang muncul, saya memberi tanda centang pada Subsystem for UNIX-based Applications sepeti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Mengaktifkan fitur SUA

Mengaktifkan fitur SUA

Saya kemudian men-klik tombol OK.   Windows akan mengaktifkan fitur SUA.   Walaupun tidak ada ‘program‘ baru yang dapat dilihat secara langsung, sistem operasi Windows 7 ini kini siap untuk menjalankan file exe yang di-compile untuk SUA subsystem.   Juga akan terdapat beberapa file baru seperti posix.exe, psxss.exe, psxdll.dll, psxdllsvr.dll, dan psxrun.exe yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi untuk SUA subsystem.

Rasanya tidak menarik bila saya tidak memiliki shell UNIX yang dilengkapi berbagai utilitas umum.   Mereka tidak disertakan secara langsung di DVD instalasi Windows, tapi Microsoft menyediakan download gratis untuk utilitas tersebut.   Saya dapat membuka link http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=2391 untuk men-download Utilities and SDK for Subsystem for UNIX-based Applications in Microsoft Windows 7 and Windows Server 2008 R2.   Ukuran file untuk platform x86 adalah sekitar 253 MB.   Setelah selesai men-download, saya segera melakukan instalasi.   Saya memilih instalasi custom karena saya ingin men-install beberapa komponen yang tidak disertakan pada pilihan standar, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Melakukan instalasi SUA

Melakukan instalasi SUA

Setelah proses instalasi utilities selesai, saya akan menemukan struktur direktori yang umum di UNIX pada direktori C:\Windows\SUA seperti yang terlihat di gambar berikut ini:

Struktur direktori di C:\Windows\SUA

Struktur direktori UNIX di C:\Windows\SUA

Pada menu Start, saya memilih Subsystem for UNIX-based Applications, Korn Shell.   Kini saya dapat memberikan perintah yang umum seperti di UNIX yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menjalankan shell dan memberikan perintah UNIX

Menjalankan shell dan memberikan perintah UNIX

Semua yang saya lakukan disini adalah memakai fasilitas dari Microsoft Windows tanpa menggunakan tools dari pihak ketiga.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

