Mendeploy Aplikasi PHP Dari Zend Studio Ke Zend Server


Zend Server adalah server untuk PHP yang dilengkapi fitur enterprise. Walaupun server tersebut berbayar, terdapat versi community edition dengan fitur sangat terbatas. Pada kesempatan ini, saya akan memakai beberapa fasilitas yang tidak tersedia di versi community edition. Zend Studio adalah sebuah IDE berbasis Eclipse (yup! programmer Java pasti familiar dengan yang satu ini!) yang merupakan salah satu IDE terbaik untuk memakai Zend Framework + Zend Server. Namun sayangnya, Zend Studio bukanlah sebuah aplikasi gratis.

Saat membuat sebuah proyek baru, programmer PHP yang masih pemula cenderung langsung meletakkan proyek ke lokasi htdocs di HTTP server. Ini berarti seluruh yang ada di folder proyek adalah segala sesuatunya yang dapat diakses oleh pengguna web. Padahal, sebuah proyek biasanya memiliki metadata berupa file-file pendukung yang tidak untuk didistribusikan atau diakses oleh pengguna. Sebagai contoh, saya kerap meletakkan file seperti diagram UML, dokumentasi (dalam bentuk file Microsoft Word), script SQL, dan sebagainya ke dalam folder proyek. Selain itu, bila saya memakai Git, ada folder tersembunyi seperti .git yang tidak dibutuhkan pengguna. Saya tidak ingin file tersebut dipindahkan ke HTTP server. Walaupun saya dapat menyembunyikan mereka melalui konfigurasi di server HTTP, bukankah lebih baik hal2 yang tidak berhubungan dengan output sama sekali tidak disimpan di server?

Sebagai contoh, saya akan membuat sebuah proyek baru dengan memilih menu File, New, Local PHP Project. Saya akan memilih sebuah lokasi direktori penyimpanan yang bukan merupakan lokasi htdocs, misalnya di folder dokumen, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Meletakkan proyek di luar server HTTP

Meletakkan proyek di luar server HTTP

Setelah itu, saya men-klik tombol Next. Pada langkah ini, saya memilih Launch with Zend Application Deployment. Zend Studio secara otomatis akan mendeteksi Zend Server di komputer yang sama. Oleh sebab itu, pilihan http://localhost:10081 (Id:0) secara otomatis sudah ada. Saya hanya perlu men-klik tombol Finish.

Struktur proyek yang dihasilkan akan terlihat seperti berikut ini:

Struktur proyek yang dihasilkan

Struktur proyek yang dihasilkan

File deployment.xml mendefinisikan informasi mengenai proyek yang baru saya buat. Sebagai informasi, bila saya men-double click file ini, kemudian memilih tab Package (di bagian bawah), saya dapat menentukan file apa yang akan di-deploy di server nanti, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menentukan apa yang akan di-deploy

Menentukan apa yang akan di-deploy

Pada gambar di atas, walaupun ada tiga file di proyek saya, hanya file index.php yang akan dipindahkan ke server nanti.

Bagaimana cara menjalankan proyek? Saya dapat men-klik icon Launch Application di kanan atas tab Package seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menjalankan aplikasi web

Menjalankan aplikasi web

Akan muncul dialog seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Konfigurasi deployment

Konfigurasi deployment

Saya hanya perlu men-klik tombol Finish. Zend Studio akan men-deploy aplikasi dan kemudian menampilkan index.php seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Tampilan output

Tampilan output

Sekarang, saya akan membuka halaman konfigurasi Zend Server di browser melalui URL http://localhost:10081. Setelah mengisi user name dan password, saya memilih menu Applications, Apps. Disana saya akan menemukan proyek saya sudah terdaftar seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Konfigurasi aplikasi di Zend Server

Konfigurasi aplikasi di Zend Server

Lalu sebenarnya, web di proyek saya di-copy kemana? Saya dapat menemukannya di lokasi instalasi Zend Server seperti yang terlihat di gambar berikut ini:

Lokasi deployment di Zend Server

Lokasi deployment di Zend Server

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

