Apa itu Windows Management Instrumentation (WMI)?


Pada sebuah aplikasi Java, developer dapat mempublikasikan informasi seperti statistik melalui Java Management Extension (JMX). Application server untuk Java biasanya mendukung JMX dimana administrator dapat melakukan koneksi ke application server tersebut guna memantau konfigurasi dan statistik kinerja server tersebut. Administrator tidak perlu membuka sebuah halaman administrasi melainkan cukup memakai sebuah client yang mendukung JMX seperti JConsole untuk membaca informasi dari JMX MBean. Karena JMX adalah sebuah standar, maka dengan sebuah tool seperti JConsole, administrator dapat membaca informasi dari berbagai application server berbeda selama mereka mendukung JMX.

Windows memiliki teknologi yang mirip JMX yang disebutnya sebagai Windows Management Instrumentation (WMI). Dengan WMI, seorang administrator dapat mengatur atau memantau informasi yang disediakan oleh aplikasi atau komponen sistem operasi Windows dari jarak jauh. Komponen WMI terdiri atas WMI Managed Object, WMI Provider, WMI Infrastructure, dan WMI Consumer.

WMI Managed Object adalah sesuatu yang mirip dengan Managed Bean (MBean) di JMX. Ia mewakili data yang hendak dipublikasikan dalam bentuk class yang ditulis dengan Managed Object Format (MOF) Language. Setiap object dikelompokkan berdasarkan namespace. Secara default, namespace CIMV2, Default, Security dan WMI selalu ada. WMI Managed Object didefinisikan dan dipublikasikan oleh WMI Provider.

Untuk melihat WMI Managed Object dari provider bawaan Windows, saya dapat menggunakan WMI Tools yang dapat di-download terpisah. Pada saat memilih WMI Object Browser, browser Internet Explorer (atau browser default) akan dijalankan. Saya harus memastikan bahwa WMI Object Browser dijalankan dengan menggunakan Internet Explorer. Selain itu, saya perlu mengubah document mode dari Internet Explorer ke versi 7. Sebagai contoh, karena saya memakai Internet Explorer 11, maka saya menekan tombol F12, memilih icon Emulation, dan memilih 7 pada Document mode seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menentukan Document Mode Di IE 11

Menentukan Document Mode Di IE 11

Setelah itu, pada dialog Connect to namespace yang muncul, saya akan melakukan koneksi ke namespace dengan root\CIMV2. Saya kemudian men-klik tombol OK dua kali. Setelah itu, saya dapat melihat object yang ada di namespace root\CIMV2 seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Melihat Managed Object Dengan WMI Object Browser

Melihat Managed Object Dengan WMI Object Browser

WMI Object Browser adalah sebuah contoh WMI Consumer yang memakai web browser melalui ActiveX controls. Windows juga menyediakan banyak alternatif lain untuk mengakses WMI Managed Object. Sebagai contoh, WMI Consumer juga bisa dalam bentuk aplikasi C/C++, .NET, shell script VB atau Windows PowerShell. Saya akan mencoba membaca informasi dari WMI dengan menggunakan Windows PowerShell yang sudah terintegrasi pada Windows 7. Untuk menjalankan PowerShell, saya memilih menu Start di pojok kiri bawah Desktop, lalu memilih menu All Programs, Accessories, Windows PowerShell, dan men-klik pada Windows PowerShell. Saya akan mencoba melihat objek Win32_UserAccount dengan perintah Get-WmiObject seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Memakai WMI Di Windows PowerShell

Memakai WMI Di Windows PowerShell

WMI memiliki fasilitas query yang disebut sebagai WMI Queries (WQL) untuk mempermudah dalam mencari dan mengambil nilai dari WMI Mananaged Object. Sebagai contoh, pada perintah PowerShell berikut ini, saya mencari SID dari user Administrator:

Memakai WQL

Memakai WQL

WMI Infrastructure terdiri atas WMI repository dan object manager. Windows 7 menyediakan beberapa tool CLI yang berkaitan dengan WMI. Sebagai contoh, untuk memeriksa keabsahan WMI repository, saya dapat memberikan perintah berikut ini:

C:\> winmgmt /verifyrepository

Untuk memperbaiki WMI Repository yang rusak, saya dapat menggunakan perintah berikut ini:

C:\> winmgmt /salvagerepository
C:\> winmgmt /resetrepository

Untuk melakukan pengaturan keamanan (user yang berhak mengakses namespace tertentu), saya dapat membuka Computer Management, memilih Services And Applications, men-klik kanan pada WMI Control dan memilih Properties. Pada dialog WMI Control Properties yang muncul, saya memilih tab Security. Disini saya dapat melakukan pengaturan keamanan untuk setiap namespace yang ada seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Pengaturan Keamanan Untuk WMI Namespace

Pengaturan Keamanan Untuk WMI Namespace

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

One Response to Apa itu Windows Management Instrumentation (WMI)?

  1. Ping-balik: PowerShell Yang Lebih Bertenaga Berkat WMI | The Solid Snake

Apa komentar Anda?

