Membuat Mirrored Volume Di Windows 7


Windows 7 mendukung apa yang disebut sebagai basic disk dan dynamic disk. Yang paling sering dipakai adalah basic disk dimana sebuah media penyimpan terdiri atas satu atau lebih partisi. Pengguna mengakses masing-masing partisi melalui sebuah kode huruf (seperti C atau D). Dalam hal ini, sebuah partisi adalah sebuah volume. Pada dynamic disk, sebuah volume yang diakses oleh pengguna bisa saja terdiri atas beberapa partisi yang berada di beberapa media penyimpanan berbeda. Dynamic disk menggunakan metode partisi Logical Disk Manager (LDM) yang merupakan bagian dari Virtual Disk Service (VDS).

Pada artikel ini, saya akan mencoba menerapkan RAID-1 (mirroring) dengan menggunakan dynamic disk. Saya akan memakai ruang kosong di 2 harddisk berbeda untuk membentuk sebuah volume tunggal. Perubahan pada harddisk yang satu akan diaplikasi pada harddisk lainnya. Bila terjadi kegagalan pada salah satu harddisk, Windows akan segera memakai harddisk pasangannya. Selain itu, RAID-1 juga dapat meningkatkan kinerja baca karena Windows akan mendistribusikan operasi baca secara merata ke dua harddisk tersebut.

Jenis implementasi RAID yang saya terapkan disini adalah Software RAID karena fitur mirroring sepenuhnya diatur oleh Windows 7 tanpa dukungan fasilitas hardware (misalnya controller khusus). Saya akan mulai dengan mengetik diskmgmt.msc di menu Start untuk membuka Disk Management seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Tampilan awal Disk Management

Tampilan awal Disk Management

Terlihat bahwa saat ini saya memiliki dua harddisk, dimana harddisk pertama berisi dua partisi dan harddisk kedua masih kosong (belum memiliki partisi). Partisi system reserved berukuran 100 MB pada harddisk pertama adalah partisi yang dibuat oleh installer Windows 7 agar sistem operasi tersebut tetap dapat dijalankan setelah media penyimpanan di-enkripsi dengan fitur BitLocker. Saya akan mengabaikan partisi ini dan membuat mirror pada partisi (dan juga volume) yang memiliki kode huruf C:. Saya men-klik kanan volume tersebut dan memilih menu Add Mirror… seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menambah Mirror Volume

Menambah Mirror Volume

Pada kotak dialog yang muncul, saya memilih Disk 1 dan men-klik tombol Add Mirror seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Menambah Mirror Volume

Menambah Mirror Volume

Pada konfirmasi yang muncul, saya memilih Yes untuk melakukan konversi Disk 0 dari basic disk menjadi dynamic disk. Setelah proses konversi selesai, Windows akan melakukan proses resynching untuk menyamakan isi dari dua partisi yang mewakili mirrored volume yang dibuat. Setelah selesai, tampilan Disk Management kini akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Tampilan Disk Management setelah memakai dynamic disk dengan mirrored volume

Tampilan Disk Management setelah memakai dynamic disk dengan mirrored volume

Walaupun terdapat 2 partisi berukuran 9.9 GB di dua harddisk berbeda, Windows Explorer tetap hanya menampilkan sebuah volume dengan identifikasi drive C: seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Tampilan volume di My Computer

Tampilan volume di My Computer

Proses mirroring kini berlangsung secara transparan pada dua harddisk yang berbeda tanpa sepengetahuan pengguna. Untuk membuktikannya, saya menjalakan Performance Monitor dan menambah counter Disk Writes/sec untuk seluruh harddisk yang ada. Setelah itu, saya mencoba men-copy sebuah file berukuran 1 GB. Saya akan memperoleh hasil seperti pada gambar berikut ini:

Operasi tulis pada masing-masing disk

Operasi tulis pada masing-masing disk

Terlihat bahwa terdapat penulisan pada harddisk pertama dan harddisk kedua dengan proporsi seimbang (dimana grafis saling bertimpa). Total dari keduanya juga memiliki proporsi yang seimbang seperti yang terlihat pada grafik garis warna merah. Ini menunjukkan bahwa proses mirroring telah bekerja. Tidak ada penalti kinerja pada operasi tulis karena proses penulisan dilakukan secara paralel.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: