PowerShell Yang Lebih Bertenaga Berkat WMI


Pada artikel Apa itu Windows Management Instrumentation (WMI), saya berkenalan dengan teknologi WMI di Windows. WMI Provider menyediakan class berisi property dan method yang dapat dipanggil secara langsung di PowerShell. Memakai class dan objek WMI secara langsung memang merupakan salah satu kelebihan PowerShell yang tidak dimiliki oleh Command Prompt. PowerShell 3 di Windows 8 dilengkapi dengan perintah Get-CimClass yang dapat dipakai untuk mendapatkan informasi mengenai class WMI beserta method dan property yang tersedia di class tersebut seperti pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Daftar seluruh class yang ada dapat dijumpai di http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa394084.aspx. Secara teknis, yang lebih sering dipakai adalah objek (instance dari class). Untuk memperoleh daftar objek WMI yang ada, saya dapat menggunakan Get-WmiObject seperti pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Pada artikel ini, saya akan mencoba memakai beberapa objek WMI yang disediakan oleh Windows di PowerShell. Sebagai contoh, untuk melihat informasi BIOS di komputer, saya dapat memeriksa objek Win32_BIOS seperti pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Pada perintah di atas, saya memakai gwmi yang merupakan alias untuk Get-WmiObject.

Untuk mendapatkan informasi tanggal, saya dapat membaca objek Win32_LocalTime seperti pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Untuk mendapatkan informasi mengenai sistem operasi Windows yang sedang aktif, saya dapat membaca informasi dari instance Win32_OperatingSystem seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Untuk mendapatkan informasi mengenai komputer, saya dapat membaca property dari instance Win32_ComputerSystem seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Untuk mendapatkan informasi mengenai layar, saya dapat membaca property dari instance Win32_VideoController seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Untuk mendapatkan informasi mengenai partisi di hard drive, saya dapat membaca property dari instance Win32_DiskPartition seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Untuk mendapatkan informasi software yang ter-install di Windows, saya dapat membaca property dari instance Win32_Product. Selain itu, saya juga dapat memanggil method yang ada untuk melakukan manipulasi software tersebut. Sebagai contoh, saya dapat memanggil method Uninstall untuk menghapus software yang bersangkutan, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Untuk mendapatkan informasi mengenai network adapter, saya dapat membaca property dari instance Win32_NetworkAdapter. Selain itu, saya dapat memanggil method Enable() atau Disable() untuk mengaktifkan dan mematikan network adapter yang bersangkutan. Sebagai contoh, saya dapat mematikan atau mengaktifkan seluruh network adapter yang ada dengan perintah seperti pada gambar berikut ini:

PowerShell

PowerShell

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: