Memakai Temporal Pattern Di Aplikasi Inventory


Pada artikel ini, saya melanjutkan pembahasan tentang kode program inventory yang ada di Belajar Menerapkan Domain Driven Design Pada Aplikasi Inventory. Salah satu kebutuhan proyek tersebut adalah pengguna harus bisa mengetahui riwayat perubahan stok untuk masing-masing produk yang ada (misalnya untuk keperluan kartu stok). Untuk itu, saya mengimplementasikan pola Temporal Pattern yang ada di http://martinfowler.com/eaaDev/timeNarrative.html. Pola ini dapat dipakai untuk rancangan yang berusaha memberikan informasi pada periode di masa lalu.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mendefinisikan sebuah class untuk mewakili periode. Untuk itu, saya akan menggunakan pola Range (http://martinfowler.com/eaaDev/Range.html). Saya menambahkan sedikit method sesuai kebutuhan saya, sehingga rancangan class Periode menjadi seperti berikut ini:

Class `Periode`

Class `Periode`

Berikutnya, saya akan mendefinisikan Temporal Pattern dalam bentuk abstract class sehingga bisa di-reuse nantinya. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini:

Temporal patterns dalam bentuk abstract class

Temporal patterns dalam bentuk abstract class

Stok akan berkurang bila bagian gudang mengambil barang berdasarkan informasi dari penjualan (begitu juga sebaliknya). Bukan hanya itu, transaksi seperti retur, penyesuaian, mutasi, dan penukaran poin dengan barang juga bisa menyebabkan perubahan stok di gudang. Tentu saja, bila faktur dihapus, riwayat perubahan juga harus berubah. Melakukan pen-query-an untuk semua riwayat ini bisa membingungkan dan tidak pasti tergantung pada perubahan di masa depan! Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk menerapkan pola Audit Log. Setiap perubahan stok akan menciptakan sebuah object ItemPeriodik baru. Walaupun pola Audit Log adalah yang paling mudah diterapkan, ia lebih susah dicari dan bisa mempengaruhi ukuran database secara signifikan (hal ini bisa diatasi dengan polyglot database dimana Audit Log disimpan pada database terpisah seperti MongoDB).

Pemisahan antara NilaiPeriodik dan ItemPeriodik dilakukan untuk mendukung lazy loading di Hibernate JPA. Pengguna umumnya tidak tertarik untuk melihat seluruh riwayat yang ada melainkan hanya periode tertentu saja. Dengan demikian, men-query seluruh ItemPeriodik sekaligus bukan saja membebani database tetapi juga tidak dibutuhkan. Pada rancangan ini, saya menganggap NilaiPeriodik berada dalam periode bulanan.

AggregatePeriodik menyediakanTemporal Property berupa saldoKumulatifSebelum() untuk mendapatkan jumlah (saldo) sebuah produk pada tanggal tertentu. Jumlah terakhir yang paling aktual sampai hari ini selalu tersedia sebagai property jumlah.

Agar sederhana, saya menerapkan Audit Log dengan rekaman yang hanya bersifat additive (penambahan). Penambahan ItemPeriodik (riwayat perubahan stok) selalu dilakukan pada akhir kartu stok. Pengguna boleh saja memproses transaksi untuk faktur di masa lampau, tetapi riwayat perubahannya akan selalu ditambahkan pada akhir kartu stok. Bila pengguna melakukan operasi yang mengurangi jumlah stok, maka sebuah ItemPeriodik dengan nilai negatif akan ditambahkan pada akhir katu stok. Seperti yang dituliskan oleh Fowler, mengizinkan hanya operasi additive membuat operasi menjadi sangat sederhana dan banyak perubahan di kasus nyata memang memiliki sifat additive.

Sekarang, saya siap untuk mengimplementasikan pola dalam bentuk abstract class tersebut ke dalam sebuah class yang konkrit, misalnya:

Penerapan pada stok produk

Penerapan pada stok produk

Pada rancangan di atas, StokProduk adalah implementasi dari AggregatePeriodik, PeriodeItemStok adalah implementasi dari NilaiPeriodik dan ItemStok adalah implementasi dari ItemPeriodik.

ItemStok memiliki referensi ke faktur yang berkaitan dengannya. Sebagai informasi, tanggal pada ItemStok selalu merujuk pada tanggal saat ItemStok tersebut dibuat, bukan tanggal yang berlaku di faktur. Sebagai contoh, anggap saja saya memiliki data seperti berikut ini:

tanggal        tanggal faktur      perubahan  saldo  keterangan
---------------------------------------------------------------------------------
10/01/2015     10/01/2015          100        100    Bertambah
20/01/2015     20/01/2015          -10         90    Berkurang
01/02/2015     20/01/2015           10        100    Hapus faktur tanggal 20/01

Bila saya memanggil stokProduk.saldoKumulatifSebelum(LocalDate.parse('2015-01-31')) pada bulan Januari, saya akan memperoleh nilai 90. Hal ini karena penghapusan faktur baru dilakukan pada bulan Februari. Bila saya memanggil method yang sama pada bulan Februari, saya akan akan memperoleh nilai 100 karena penghapusan faktur sudah dilakukan. Martin Fowler menyebut ini sebagai Dimensions of Time. Hal seperti ini penting untuk kebutuhan seperti laporan pajak dimana pengguna harus mengetahui sebuah nilai persis pada tanggal saat laporan lama dicetak namun sebelum perubahan di masa depan dilakukan.

Pola Temporal Pattern yang telah saya pakai disini tidak hanya bisa diterapkan untuk stok produk. Saya juga bisa menerapkannya pada entity lain, misalnya untuk mengisi kas. Untuk memakainya pada kas, saya hanya perlu menurunkan entity yang berkaitan dengan kas pada abstract class yang sudah saya buat sebelumnya, misalnya:

Penerapan pada kas

Penerapan pada kas

Pada rancangan di atas, Kas adalah sebuah AggregatePeriodik sehingga secara otomatis ia juga memiliki Temporal Property seperti saldoKumulatifSebelum() untuk mencari saldo kas pada posisi tanggal tertentu. Contoh ini juga memperlihatkan contoh penggunaan abstract class yang mempermudah penerapan design pattern.

Pada AggregatePeriodik, saya menambahkan method arsip() untuk menghapus daftar ItemPeriodik yang ada. Operasi ini tidak akan mempengaruhi jumlah terakhir karena mereka disimpan sebagai property di AggregatePeriodik. Mengapa arsip() perlu dilakukan? Hal ini karena semakin banyak transaksi yang ada maka jumlah ItemPeriodik akan semakin membengkak sehingga ruang kosong harddisk akan cepat habis. arsip() hanya akan menghapus ItemPeriodik tetapi tidak akan pernah menghapus NilaiPeriodik. Dengan asumsi program dipakai selama 100 tahun, maka NilaiPeriodik yang dibuat hanya berjumlah 12 * 100 = 120 record untuk masing-masing produk. Jumlah ini relatif sedikit dan aman untuk dipertahankan. Selain itu, karena NilaiPeriodik mengandung informasi jumlah dan saldo, pengguna tetap bisa melihat summary per bulan bahkan setelah arsip() dikerjakan.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

Apa komentar Anda?

