Menambah atau mengubah endpoint yang dihasilkan Spring Data Rest


Pada artikel Membuat Restful Web Service Dengan Spring Data REST, saya menghasilkan REST API secara otomatis berdasarkan domain model dan Spring Data Repository. API yang dihasilkan pun telah mendukung HATEOAS dengan implementasi HAL. Dengan Spring Data REST, saya tidak perlu lagi menulis kode program controller dan Spring HATEOAS secara manual untuk setiap domain model yang ada.

Sebagai latihan, kali ini saya akan memakai Spring Data REST melalui Spring Boot. Pada saat membuat proyek baru, saya menambahkan dependency berupa Web, Rest Repositories dan JPA. Setelah proyek selesai dibuat, saya menambahkan entity baru seperti berikut ini:

package com.example.demo.domain;

import org.hibernate.validator.constraints.Email;
import org.hibernate.validator.constraints.NotBlank;

import javax.persistence.Entity;
import javax.persistence.GeneratedValue;
import javax.persistence.Id;

@Entity
public class Pelanggan {

    @Id
    @GeneratedValue
    private Long id;

    @NotBlank @Email
    private String email;

    @NotBlank
    private String nama;

    public Long getId() {
        return id;
    }

    public void setId(Long id) {
        this.id = id;
    }

    public String getEmail() {
        return email;
    }

    public void setEmail(String email) {
        this.email = email;
    }

    public String getNama() {
        return nama;
    }

    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }
}

Setelah itu, saya membuat sebuah repository untuk mengakses dan melakukan operasi CRUD terhadap Pelanggan seperti berikut ini:

package com.example.demo.repository;

import com.example.demo.domain.Pelanggan;
import org.springframework.data.jpa.repository.JpaRepository;

public interface PelangganRepository extends JpaRepository<Pelanggan, Long> {
}

Sebagai langkah terakhir, saya akan menggunakan embedded database pada latihan kali ini. Untuk itu, saya menambahkan baris berikut ini pada file build.gradle:

...
dependencies {
  compile('com.h2database:h2:1.4.196')
  ...
}

Sekarang, bila saya menjalankan aplikasi Spring Boot ini, sesuai dengan spesifikasi HATEOAS, saya bisa mengakses http://localhost:8080/ untuk melihat daftar endpoints yang tersedia seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Daftar endpoints yang tersedia

Daftar endpoints yang tersedia

Saya bisa melakukan operasi CRUD terhadap pelanggan melalui URI http://localhost:8080/pelanggans. Spring Data REST menggunakan nama plural (pelanggan menjadi pelanggans) sesuai spesifikasi REST, walaupun hal ini sebenarnya tidak relevan untuk Bahasa Indonesia. Selain itu, API yang dihasilkan juga mendukung operasi halaman (pagination) dan pengurutan (sorting).

Saya akan mencoba menyimpan pelanggan baru dengan memberikan request POST ke http://localhost:8080/pelanggans berisi JSON berikut ini (pastikan menyertakan Content-Type berupa application/json):

{
  "email": "phantom@diamondogs.pain",
  "nama": "Venom"
}

Saya akan memperoleh kembalian seperti pada gambar berikut ini:

JSON yang dikembalikan saat menyimpan pelanggan baru

JSON yang dikembalikan saat menyimpan pelanggan baru

Sesuai dengan spesifikasi HAL, JSON yang dikembalikan mengandung _links yang berisi referensi ke operasi berikutnya yang bisa dilakukan terhadap entity ini. Sampai disini, entity juga sudah tersimpan ke database.

Bayangkan bila saya harus melakukan langkah di atas secara manual. Saya perlu membuat sebuah controller baru. Selain itu, untuk tetap mendukung HATEOAS, saya perlu memakai Spring HATEOAS dan mendaftarkan _links secara manual. Cukup merepotkan, bukan?

Walaupung Spring Data REST sangat membantu, ada kalanya saya perlu menyediakan operasi lain selain CRUD yang belum disediakan oleh Spring Data REST secara otomatis. Selain itu saya juga mungkin perlu memodifikasi operasi yang tersedia. Sebagai contoh, saya umumnya perlu mengirim email ke pelanggan setelah menyimpannya ke database. Beruntungnya, Spring Data REST tetap memungkinkan saya untuk mengubah operasi yang sudah ada.

Untuk itu, saya perlu membuat controller baru seperti berikut ini:

package com.example.demo.web;

import com.example.demo.domain.Pelanggan;
import com.example.demo.repository.PelangganRepository;
import org.springframework.beans.factory.annotation.Autowired;
import org.springframework.data.rest.webmvc.PersistentEntityResource;
import org.springframework.data.rest.webmvc.PersistentEntityResourceAssembler;
import org.springframework.data.rest.webmvc.RepositoryRestController;
import org.springframework.hateoas.Resource;
import org.springframework.http.ResponseEntity;
import org.springframework.mail.SimpleMailMessage;
import org.springframework.mail.javamail.JavaMailSender;
import org.springframework.web.bind.annotation.RequestBody;
import org.springframework.web.bind.annotation.RequestMapping;
import org.springframework.web.bind.annotation.RequestMethod;
import org.springframework.web.bind.annotation.ResponseBody;

import javax.mail.Address;
import javax.mail.internet.MimeMessage;

@RepositoryRestController
public class PelangganController {

    private final PelangganRepository pelangganRepository;
    private final JavaMailSender mailSender;

    @Autowired
    public PelangganController(PelangganRepository pelangganRepository, JavaMailSender mailSender) {
        this.pelangganRepository = pelangganRepository;
        this.mailSender = mailSender;
    }

    @RequestMapping(method = RequestMethod.POST, value = "/pelanggans")
    public @ResponseBody ResponseEntity<?> save(@RequestBody Resource<Pelanggan> pelangganResource, PersistentEntityResourceAssembler assembler) {
        // Menyimpan pelanggan
        Pelanggan pelanggan = pelangganResource.getContent();
        pelanggan = pelangganRepository.save(pelanggan);

        // Mengirim email
        SimpleMailMessage email = new SimpleMailMessage();
        email.setTo(pelanggan.getEmail());
        email.setSubject("Selamat datang");
        email.setText(String.format("Hi, selamatt datang, %s", pelanggan.getNama()));
        mailSender.send(email);

        // Mempersiapkan kembalian
        PersistentEntityResource resource = assembler.toResource(pelanggan);
        return ResponseEntity.ok(resource);
    }
}

Kali ini, controller yang saya buat tidak menggunakan annotation @Controller melainkan @RepositoryRestController yang menandakan bahwa saya ingin memodifikasi hasil dari Spring Data REST. Method di controller saya akan menerima request dalam bentuk Resource dan juga mengembalikan resource agar mendukung HATEOAS. Agar tidak repot menghasilkan _links dengan Spring HATEOAS, saya cukup menggunakan PersistentEntityResourceAssembler untuk menghasilkan resource yang sama persis seperti yang dihasilkan oleh Spring Data REST sebelum dimodifikasi.

Perihal Solid Snake
I'm nothing...

2 Responses to Menambah atau mengubah endpoint yang dihasilkan Spring Data Rest

  1. Hermanto Lim says:

    Halo, blog ini mantap gan. Bisa tolong bahas tutorial soal Kotlin, Android dan Dagger 2 tidak? Soalnya lagi pelajari itu nih đŸ˜€

  2. halo admin saya sdh krm email ke admin
    ada pertanyaan yg ingin sy tanyakan dlm salah stu tulisan artikel. mohon bntuan nya min

Apa komentar Anda?

